Dana Pilkada Sidoarjo Berpotensi Dikepras, Infonya hanya Rp 45 Miliar

KPU Sidoarjo mengajukan permohonan dana hibah untuk pembiayaan pelaksanaan Pilkada ke Pemkab Sidoarjo sebesar Rp 63 miliar.

Penulis: M Taufik | Editor: Yoni Iskandar
M Taufik/Surya
Komisioner KPU Sidoarjo saat bertemu dengan Bupati Saiful Ilah di Pendopo Sidoarjo, Senin (8/7/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - KPU Sidoarjo mengajukan permohonan dana hibah untuk pembiayaan pelaksanaan Pilkada ke Pemkab Sidoarjo sebesar Rp 63 miliar.

Kabarnya, dari hasil hitung-hitungan Pemkab Sidoarjo, nilai yang dibutuhkan tidak sebesar itu. Sehingga, Pemkab berpotensi mengeras dana tersebut.

Dalam pertemuan antara Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama para komisioner KPU Sidoarjo di Pendopo, Senin (8/7/3019), sempat keluar informasi bahwa hang bakal di-ACC hanya sekitar Rp 45 miliar.

"Sudah kami kordinasikan dengan Sekda, sejauh ini masih dalam tahap pembahasan. Intinya Pemkab siap mengucurkan dana tersebut, tapi nilainya tergantung hasil pembahasan nanti," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah kepada Tribunjatim.com.

Usai pertemuan, Ketua KPU Sidoarjo M Iskak juga tidak menampik bahwa ada potensi tidak semua anggaran yang diajukannya bakal disetujui Pemkab.

Gelaran BUlan Juli, Banyuwangi Ethno Carnival Hingga Ijen Green Run Ramaikan Event Banyuwangi

Karena Menolak Vaksin, CJH Susulan Magetan ini Nyaris Gagal Berangkat, Anak CJH Histeris

Istana Kepresidenan RI Bantah Presiden Jokowi Pernah Bertemu Audrey Yu di Jepang

"Tapi intinya masih dalam proses, angka Rp 45 M itu kan belum detail juga. Tanggal 11 Juli nanti agendanya kami bertemu dengan sekda untuk memastikan itu," jawabnya kepada Tribunjatim.com.

Dari pengajuan dana sebesar Rp 63 miliar itu, disebut Iskak bahwa kebutuhan terbesar untuk honor petugas yang sekitar 30 persen. Kemudian untuk kampanye dan sosialisasi.

Selain itu, pada Pilkada Sidoarjo nanti, KPU juga melakukan pengadaan alat. Seperti kardus bilik suara dan sebagainya. Karena secara ketentuan, logistik tersebut hanya sekali pakai.

Pilkada Sidoarjo sendiri, tahapannya bakal dimulai September mendatang. Mulai proses penganggaran, yang dilanjukan sosialisasi pada November.

"Sampai hari ini PKPU-nya belum ada, tapi menurut draft, pendaftaran bakal calon Bupati Sidoarjo bakal digelar 23 April 2020. Kemudian pemilihan digelar pada September 2020," urai dia.(ufi/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved