Kuliner Jatim

Blendi dan Omah Jenang Jadi Kuliner Unggulan di Festival Penataran Kabupaten Blitar

Pameran pusaka dan kuliner ikut meramaikan Festival Panji Nusantara dan Festival Penataran di kompleks Amphiteater, Candi Penataran, Nglegok, Blitar

Blendi dan Omah Jenang Jadi Kuliner Unggulan di Festival Penataran Kabupaten Blitar
Surya/samsul hadi
Dua pria sedang mengaduk adonan jenang di stan Omah Djenang dalam Festival Penataran di Amphiteater Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pameran pusaka dan kuliner ikut meramaikan Festival Panji Nusantara dan Festival Penataran di kompleks Amphiteater, Candi Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2019).

Sejumlah kuliner khas Blitar dijajakan dalam acara tersebut. Pameran kuliner berada di halaman Amphiteater Penataran. Beberapa stan yang ditata model tempo dulu itu menyuguhkan bermacam kuliner khas Blitar.

Selain kuliner, dalam acara itu, juga digelar pameran benda pusaka. Berbagai benda pusaka mulai keris, batu akik, dan gelang dipamerkan di lokasi.

Dari sejumlah kuliner yang dijajakan, paling menarik stan milik Omah Djenang. Stan itu tidak hanya menjajakan penganan berbahan dasar ketan dan gula kelapa itu saja. Tapi, mereka juga mempraktikan cara membuat jenang di stan.

Di stan itu terlihat dua pria sedang mengaduk adonan untuk membuat jenang di wajan ukuran besar. Pemandangan itu membuat para pengunjung penasaran ingin melihat langsung proses membuat jenang. Pengunjung terlihat berfoto-foto dengan latar orang mengaduk adonan jenang di stan itu.

"Ini unik, tidak hanya jual produknya saja, tapi juga memperlihatkan cara membuat jenang di stan," kata Agus Hasani, salah satu pengunjung kepada Tribunjatim.com.

Selain jenang, kuliner khas Blitar yang dijajakan di acara itu, yakni, blendi. Blendi sebenarnya masakan mirip gudeg tapi memiliki ciri khas pedas. Biasanya, masakan blendi menggunakan sayur tewel atau nangka muda.

"Blendi ini masakan pedas, bisa blendi uritan, blendi krecek, tapi yang khas blendi tewel (nangka muda)," kata Katarina, pemilik stan Wisata Kuliner Blendi kepada Tribunjatim.com.

Kasus Ibu Muda Dibacok di Tulungagung, Polisi Sebut Pelaku Kenal & Tahu Kondisi Penghuni Rumah

Mira Lesmana Apresiasi Gelaran Festival Film Banyuwangi, Sisi Menarik dari Penari Gandrung Pria

Pengakuan Pria Jajakan Istri di FB, Sering Nonton Video BF, Ajak Istri Rasakan Sensasi Threesome

Kabid Pemasaran dan Ekonomi kreatif Disparbudpora Kabupaten Blitar, Agus Muntalip S mengatakan Festival Penataran ini untuk memeriahkan Festival Panji Nusantara sekaligus menyambut Hari Jadi Kabupaten Blitar. Festival Penataran digelar selama empat hari mulai 9-12 Juli 2019.

Festival Penataran ini untuk memamerkan kuliner khas Blitar dan benda pusaka. Untuk jenis kuliner yang menjadi unggulan, yaitu, blendi dan jenang.

"Kuliner unggulannya blendi dan jenang," kata Agus.

Sementara itu, untuk Festival Panji Nusantara digelar dua hari pada 9-10 Juli 2019. Festival Panji Nusantara akan menampilkan bermacam kesenian tari yang bersumber dari cerita Panji. Selain itu, juga ada pembacaan puisi Panji dan pemutaran film animasi soal cerita Panji. (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved