Pamekasan Pamerkan Batik Pameran Saba-saba, Staf Dubes RI di Tanzania Kini Pakai Batik Pamekasan

Dubes RI untuk Tanzania Prof. Dr. Ratlan Pardede mewajibkan seluruh staf Kedubes RI di Tanzania untuk memakai seragam batik Pamekasan tiap senin-rabu

Pamekasan Pamerkan Batik Pameran Saba-saba, Staf Dubes RI di Tanzania Kini Pakai Batik Pamekasan
Istimewa
Staf Kedubes di Tanzania saat menggunakan batik asli Kabupaten Pamekasan, Selasa (9/7/2019) (Istimewa Humas Kedubes RI untuk Tanzania) 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Ikhtiar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam untuk mempromosikan batik Pamekasan hingga ke mancanegara, tampaknya membuahkan hasil.

Dubes RI untuk Tanzania Prof. Dr. Ratlan Pardede mewajibkan seluruh staf Kedubes RI di Tanzania untuk memakai seragam batik asal Pamekasan mulai hari Senin hingga Rabu.

"Seluruh pegawai Kedutaan besar Indonesia yang berada di Tanzania, saya wajibkan untuk memakai seragam batik buatan pengrajin asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur," kata Ratlan Pardede saat dihubungi via telepon oleh TribunMadura.com, Selasa (9/7/2018).

Lebih lanjut Ratlan mengatakan, kebijakan tersebut diterapkan di Tanzania agar budaya batik Indonesia khususnya batik Pamekasan supaya dikenal dunia internasional.

(BOPDA Cover Seragam Batik, Olahraga hingga Sepatu dan Tas, per Siswa Dapat Rp 1,3 Juta)

"Menurut saya memakai batik membuat orang dari negara lain senang dan memang batik adalah cerminan masyarakat Indonesia. Dan perlu kita ketahui, memakai batik berarti kita turut membuat Indonesia bersinar di mata dunia," ujarnya.

Gustafa Hecu dan Grace Mbisse yang merupakan staf Kedubes Indonesia di Tanzania mengaku senang dan bangga karena sudah bisa memakai seragam batik asli dari Pamekasan.

"Jujur saya senang sekali memakai seragam batik buatan orang Madura, Pamekasan. Corak serta motif batiknya sangat luar biasa," katanya.

Dian, pengusaha batik asal Pamekasan yang mengikuti pameran Saba-saba di Tanzania mengatakan banyak terima kasih kepada Kedubes yang telah bersedia bekerjasama untuk mengikuti pameran Saba-saba di Tanzania.

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Kedubes RI yang berada di Tanzania atas kerjasamanya," tandasnya.

Reporter: TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

(Ikuti Gelaran Indo Livestock 2019, Perum Jamkrindo Pamerkan Produk Kemitraan Batik Wistara dan IKM)

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved