Pemkot Malang Segera Wujudkan Impian Jadi Smart City, Pilih Sektor Pemerintahan Mulai Tahun 2020

Pemkot Malang segera mewujudkan impian menjadi smart city mulai tahun 2020. Sektor yang dibidik adalah pemerintahan atau smart governance.

Pemkot Malang Segera Wujudkan Impian Jadi Smart City, Pilih Sektor Pemerintahan Mulai Tahun 2020
SURYA/RIFKI EDGAR
Wali Kota Malang, Sutiaji. Pemkot Malang segera wujudkan smart city mulai 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG -Pemerintah Kota (Malang) segera mewujudkan impian menjadi smart city mulai tahun 2020. Sektor yang dibidik adalah pemerintahan atau smart governance.

"Ketika ada berbagai macam sektor, ada smart living, smart branding dan sebagainya, kami pilih smart governance," tutur Sutiaji di Balai Kota Malang, Selasa (9/7/2019).

Ia menjelaskan pemilihan sektor pemerintahan untuk di-smart city-kan dalam rangka meningkatkan kepercayaan (trust) publik kepada pemerintah, "Ketika kepercayaan itu terbangun, legitimasi masyarakat terhadap pemerintah akan tinggi. Ketika legitimasi pemerintah tinggi maka secara otomatis pemerintah didukung oleh masyarakat," ujarnya.

Sutiaji mengatakan nantinya setiap program akan terintergrasi ke dalam satu sistem. Sebagai sampling kata dia, program sambat masyarakat dan pelayanan publik akan didahulukan.

"Sudah kami anggarkan di APBD perubahan itu ada tambahan Rp 2,5 Milyar," ucapnya.

Rumah Pompa Pakis Dipasangi Plakat, Wali Kota Malang Sebut Itu Wajar : Lengkapi Kekurangan IMB

Gangguan Sistem, Urus Paspor di Kantor Imigrasi Malang Sampai 7 Hari, Warga Bereaksi

Pemkot Malang juga segera membentuk dewan smart city yang melibatkan beberapa kelompok termasuk pebisnis, komunitas dan media.

Sementara itu Widyaiswara Kementerian Kominfo RI, Heri Abdul Aziz menerangkan sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan perlu disiapkan agar smart city bisa terwujud, "Kalau servernya ada tapi SDM tidak siap, maka ya nggak jalan," tutur Heri.

Heri menyebut saat ini ada 100 kabupaten/kota di Indonesia yang telah smart city. Kominfo lanjut dia, bakal terus mendorong agar semua daerah menerapkan smart city yang diharapkan dapat mewujudkan smart nation.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved