Pengumuman SBMPTN 2019, ITS Surabaya Terima 1.602 Calon Mahasiswa Baru, 135 Penerima Bidikmisi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima sebanyak 1.602 calon mahasiswa baru pada jalur SBMPTN.

Pengumuman SBMPTN 2019, ITS Surabaya Terima 1.602 Calon Mahasiswa Baru, 135 Penerima Bidikmisi
Tribunnews
SBMPTN 2019 - ITS Surabaya terima 1.602 calon mahasiswa baru dan 135 di antaranya penerima Bidikmisi. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima sebanyak 1.602 calon mahasiswa baru pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang diumumkan sore ini, Selasa (9/7/2019) pukul 15.00 WIB.

Jumlah ini lebih banyak dari kuota awal sebanyak 1.574 karena tambahan kuota dari peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang tidak daftar ulang.

Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Adi Soeprijanto menjelaskan dari total yang diterima lewat SBMPTN di ITS, hanya terdapat 135 orang dari program beasiswa bidikmisi yang sukses menembus perguruan tinggi ini.

Alun-alun Surabaya Hadir dengan Konsep Public Space, Pakar ITS : Nuansa Baru Bagi Estetika Kota

"Jumlah tersebut sangatlah sedikit, pasalnya menurut peraturan setidaknya setiap perguruan tinggi bisa menampung mahasiswa bidikmisi sebanyak 20 persen dari kuota mahasiswa seluruhnya,"urainya.

Sehingga Adi menambahkan, nantinya mahasiswa yang benar-benar membutuhkan bantuan dan belum sempat mendaftar bidikmisi juga bisa mendapatkannya.

Selanjutnya, ungkap Adi, penerima mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN ini ada di Departemen Informatika sejumlah 101 orang.

Kenalkan Kombinasi Jamur untuk Mengolah Limah Medis, Tiga Mahasiswa ITS Gunakan Metode Biodegradasi

Dari total yang diterima, calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ini mayoritas juga masih berasal dari Jawa Timur. Sedang sisanya berasal dari sejumlah daerah di seluruh nusantara.

"Peminat ITS pada SBMPTN tahun ini turun begitu drastis jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Tetapi ternyata kualitas dari calon mahasiswa baru ITS ini masih cukup tinggi yang dibuktikan dengan melihat rata-rata nilai UTBK mereka yang begitu baik,"paparnya.

Sementara itu, bagi pendaftar yang masih belum diterima di ITS lewat jalur SBMPTN tidak perlu khawatir. Masih ada jalur Progam Kemitraan dan Mandiri (PKM) dan Vokasi yang dibuka hingga 12 Juli. 2019.

Dan seleksi jalur PKM ITS tidak menggunakan tes, melainkan menggunakan nilai UTBK.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved