5 Mahasiswa UB Ini Mampu Ubah Limbah Bulu Ayam Untuk Perawatan Rambut, Bikin Rambut Lebih Sehat

5 Mahasiswa UB Ini Mampu Ubah Limbah Bulu Ayam Untuk Perawatan Rambut, Bikin Rambut Lebih Sehat.

5 Mahasiswa UB Ini Mampu Ubah Limbah Bulu Ayam Untuk Perawatan Rambut, Bikin Rambut Lebih Sehat
Humas UB
Lima mahasiswa pencipta produk perawatan rambut dari limbah bulu ayam 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Lima mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) menyulap bulu ayam menjadi produk keratin treatment alami.

Produk treatement alami untuk perawatan rambut itu dinamai Provid.

Salah seorang mahasiswa pencipta Provid, Alvu Syaban Al Kareem menjelaskan limbah bulu ayam mengandung keratin yang berperan menjaga kutikula tetap kuat, melindungi lapisan serta inti rambut.

10 Perguruan Tinggi Negeri yang Paling Diminati di SBMPTN 2019, Universitas Brawijaya Pertama!

Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Pencetak Edible Film, Pembungkus Makanan yang Bisa Dimakan

SBMPTN 2019 Universitas Brawijaya Malang, Prodi Ilmu Hukum dan Agroteknologi Jadi Favorit Peserta

Dalam Provid, juga terdapat ekstrak daun apu-apu (pistia stratiotes) dan bahan penunjang seperti lidah buaya dan bubuk cokelat.

"Ekstrak daun apu-apu digunakan karena terdapat flavonoid dan terpenoid yang diolah dengan teknologi tinggi cryodesiccation. Sehingga menghasilkan produk keratin treatment yang mampu bertahan dalam jangka waktu lama," jelas Alvu, Rabu (10/7/2019).

Selain itu, cuka apel ditambahkan ke dalam Provid sebagai pengganti formalin. Selama ini kata Alvu, produk perawatan rambut buatan pabrik mengandung formalin yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kanker.

"Badan kesehatan Amerika Serikat, Centers of Disease Control (CDC) juga mengatakan formalin dapat membuat kulit kering, mengelupas dan bersifat karsinogenik," ucapnya.

Provid dikemas dengan ukuran bervariasi yakni 100 ml jenis tube dan 250 ml jenis pump. Ada 3 esens tambahan yaitu vanilla, coklat dan anggur.

Uji klinis terhadap Provid juga telah dilakukan oleh beberapa panelis diantaranya dosen FPIK UB, mahasiswa dan pemilik salon.

"Mereka mengatakan bahwa PROVID memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang tidak membosankan," imbuh Alvu.

Bagi yang tertarik membeli, Provid kini dijual di Tokopedia. Dalam ajang Young Scientiest International Seminar and Expo (YSIS) 2019, Provid menyabet medali perunggu kategori best innovation.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved