Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek Ajukan Anggaran Dana Rp 30 Miliar untuk Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek mengajukan anggaran Rp 30 miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Trenggalek 2020.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek Ajukan Anggaran Dana Rp 30 Miliar untuk Pilkada 2020
SURYA.CO.ID/AFLAHUL ABIDIN
Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi, Juli 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek mengajukan anggaran Rp 30 miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Trenggalek 2020.

Pengajuan itu naik dari pengajuan perhelatan Pilkada Kabupaten Trenggalek periode sebelumnya Rp 25 miliar. Pada saat itu, realisasi anggaran Rp 17 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi mengatakan, naiknya angka pengajuan berdasarkan pada inflasi yang terjadi selama lima tahun terakhir.

4 Gedung dan 1 Jalan di Trenggalek Siap Dikerjakan, Bupati Mas Ipin Minta Pakai Genteng Lokal

Anggaran itu, lanjut Gembong, disusun untuk penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Trenggalek dengan sekita 1.300 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kami samakan dengan penyelenggaraan PIlkada Kabupaten Trenggalek sebelumnya. Prakiraan kami, satu TPS itu untuk mencoblos sekitar 800 orang," ujar Gembong, Rabu (10/7/2019).

Pilkada Kabupaten Trenggalek diprakirakan akan digelar pada 23 September 2020. Sama dengan penyelenggaraan Pilkada di daerah lain. Prakiraan waktu itu berdasarkan uji publik yang telah dilaksanakan KPU.

Pernah Dapat Proyek Bermasalah, Kejari Trenggalek Minta Kontraktor Tak Nakal: Jangan Pinjam Bendera

Sementara untuk tahapan detail, ia mengaku belum tahu pasti. Jadwal tahapan Pilkada Trenggalek 2020 akan ditetapkan berdasarkan Peraturan KPU yang saat ini belum ada.

"PKPU-nya belum ada. Kami belum bisa menyampaikan karena belum punya pegangan apa-apa," tutur Gembong.
Anggaran yang diajukan KPU Kabupaten Trenggalek kemungkinan bakal dicicil mulai Perubahan APBD Kabupaten Trenggalek tahun ini.

Perhitungan pengajuan anggaran itu dengan estimasi tiga calon yang mengikuti kontestasi Pilkada Kabupaten Trenggalek 2020.

(Aflahul Abidin)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved