Universitas Jember Masuk 10 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2019, Rektor: Ada Trensetter Peserta

Universitas Jember masuk daftar 10 besar PTN dengan peminat SBMPTN terbanyak tahun ini

Universitas Jember Masuk 10 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2019, Rektor: Ada Trensetter Peserta
SURYA/SRI WAHYUNIK
Rektor Universitas Jember (Uenj) Moh Hasan tidak menyangka termasuk dalam daftar 10 perguruan tinggi dengan peminat terbanyak di SBMPTN 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Rektor Universitas Jember (Uenj) Moh Hasan tidak menyangka termasuk dalam daftar 10 perguruan tinggi dengan peminat terbanyak melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2019 di Indonesia.

"Tidak menduga ternyata Unej masuk dalam 10 daftar yang paling banyak dimintai. Tentunya saya bersyukur dengan ini," ujar Moh Hasan saat dihubungi Surya (grup TribunJatim.com), Selasa (9/7/2019) malam.

Menurutnya, dari daftar 10 perguruan tinggi dengan peminat terbanyak itu terlihat adanya trensetter peserta SBMPTN dalam memilih perguruan tinggi yang diinginkannya berdasarkan kondisi masing-masing masyarakat.

UB Penerima Terbanyak Jalur SBMPTN, Prodi Agroekoteknologi Masuk Peringkat 2 Besar di Prodi Saintek 

"Saya melihat adanya tren-setter di masyarakat tentang pilihan anak itu betul-betul melihat 'positioning' masing-masing, termasuk juga tentang kualitas perguruan tinggi seperti apa yang mau dipilih. Tentunya akreditasi juga menjadi pertimbangan pilihan, selain skor yang dimiliki oleh masing-masing peserta SBMPTN," imbuh Hasan.

Meskipun peserta SBMPTN memilih PTN dengan mempertimbangan skor dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), bukan berarti skor peserta yang masuk ke PTN rendah.

Lebih lanjut, kata Hasan, pihaknya akan menganalisa data yang telah dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tersebut. Setelah kelulusan diumumkan, pihaknya akan menganalisa data mahasiswa yang masuk ke Unej.

"Saya prediksi kualitas mahasiswa bagus, juga berasal dari sejumlah daerah atau lebih tersebar," lanjutnya.

10 Perguruan Tinggi Negeri yang Paling Diminati di SBMPTN 2019, Universitas Brawijaya Pertama!

Menurut Hasan, ada beberapa pertimbangan mahasiswa memilih sebuah PTN dengan mekanisme SBMPTN 2019 ini.

Selain skor yang dimiliki, faktor kualitas kampus, akreditasi, jumlah program studi yang dimiliki kampus, juga kemungkinan biaya kuliah menjadi pertimbangan.

Dia mencontohkan, Prodi Kedokteran yang tetap diminati banyak pendaftar di Unej.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved