Pemkot Surabaya Larang Jalan Kampung untuk Parkir Mobil, Dapat Halangi PMK Masuk

Pemkot Surabaya melalui Dinas Pemadam Kebakaran meminta seluruh warga Kota Surabaya tidak parkir mobil di akses kampung.

Pemkot Surabaya Larang Jalan Kampung untuk Parkir Mobil, Dapat Halangi PMK Masuk
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Juru Parkir mengarahkan pengemudi mobil yang memarkir kendaraannya tidak sesuai aturan di Jalan Bandung, Kota Malang, Selasa (22/1/2019). Aturan parkir 30 derajat yang disepakati di kawasan ini masih ada yang melanggar. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya melalui Dinas Pemadam Kebakaran meminta seluruh warga Kota Surabaya tidak parkir mobil di akses kampung. Mereka dilarang memarkir mobil di sepanjang jalan kampung.

Kondisi itu akan menyulitkan petugas pemadam kebakaran atau mobil PMK menerobos ke lokasi kebakaran. Jika akses menuju lokasi kebakaran terhalang maka akan berakibat fatal.

Tidak saja akan makin membesar dan merembet lebih jauh lalapan api, tapi bisa berakibat jatuh korban. Beruntung saat kebakaran di Kampung Gang Lebar, Margo Ruku, Bubutan kemarin tidak ada korban jiwa.

Banyaknya mobil yang parkir sembarangan di tepi jalan kampung itu sebaiknya dilarang. Keberadan mereka juga mengganggu estetika kota. Saat terjadi kebakaran di kampung itu akan menghambat akses PMK. Ini pula yang terjadi saat kebakaran di Margo Rukun.

"Ini kerap terjadi di banyak kampung. Saat ada kejadian kebakaran mobil kami terhalang mobil warga yang parkir di jalan kampung," sesal Plt Kepala Dinas Kebakaran Irvan Widyanto kepada Tribunjatim.com, Kamis (11/7/2019).

PSS Sleman Vs Persebaya, Balde Absen, Bajul Ijo Beri Sinyal Tampikan Lini Depan seperti Lawan Barito

Terserempet Kendaraan, Pengendara Motor Asal Taman Sidoarjo ini Tewas Terlindas Ban Truk

Ratna Sarumpaet Divonis Hukuman Dua Tahun Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

Irvan sangat menyayangkan makin banyaknya akses kampung yang dipenuhi parkir mobil. Mereka punya mobil tapi tidak mempunyai garasi rumah. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Apalagi makin banyak mobil menumpuk parkir di kampung.

Salah satunya terjadi di jalan kampung Margo Rukun. Banyak mobil parkir di jalan kampung. Akibatnya sebanyak 15 rumah ludes saat kejadian kebakaran. Sebab mobil PMK terhambat masuk kampung dengan padat penduduk itu.

"Tidak hanya kami melarang parkir di tepi jalan kampung. Tapi juga kami minta warga kampung menolak kampung mereka untuk parkir. Selain itu, gapura yang bikin sesak masuk kendaraan PMK juga dibongkar," kata Irvan kepada Tribunjatim.com. (Faiq/Tribunjatim.com)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved