Bekraf Akan Terus Berkomitmen untuk Mengakselerasi Produk-Produk dari Pelaku Ekonomi Kreatif

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Pemasaran akan terus berkomitmen untuk mengakselerasi produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif.

Bekraf Akan Terus Berkomitmen untuk Mengakselerasi Produk-Produk dari Pelaku Ekonomi Kreatif
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri saat memberikan sambutan di acara pembukaan "Kreatifood" 2019 di Mall Ciputra World Surabaya, Jumat (12/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Pemasaran akan terus berkomitmen untuk mengakselerasi produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif.

Hal itu di ungkapkan langsung oleh Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri

Akselaerasikan produk tersebut khususnya dalam hal pemasaran.

"Pemasarannya di dalam maupun luar negeri dengan melibatkan swasta dan lembaga terkait," kata Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Yuana Rochma Astuti.

Bekraf Gelar Kreatifood Expo 2019, Libatkan 144 Pelaku Kreatif Bidang Kuliner di Ciwo Surabaya

Kreatifood 2019, Bekraf Akan Mengenalkan Platform Digital 4.0 untuk Memasarkan Produk Lebih Cepat

Sebagaimana yang diketahui, lanjut Yuana, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kontribusi subsektor kuliner terhadap Produk Dometik Bruto (PDB) ekonomi kreatif (ekraf) merupakan yang tertinggi pada 2016, yaitu mencapai 41,4%.

Sedangkan di tahun yang sama, nilai ekspor kuliner mengalami peningkatan sebesar 6,92 % menjadi $1,206 miliar dari sebelumnya $1.179 miliar.

Maka dengan "Kreatifood" yang dimana merupakan program Bekraf yang diinislasi oleh Deputi Pemasaran pada akhir tahun 2016. Program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Bekraf bagi subsektor kuliner sebagai penyumbang pDR ekraf terbesar.

Selain itu, masih kata Yuana, "Kreatifood" juga menjadi salah satu wujud intervensi pemerintah terhadap perkembangan ekonomi kreatif Indonesia.

"Tidak hanya itu saja, Bekraf juga berupaya meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner dengan memberikan tambahan pengetahuan seputar ilmu investasi, kesiapan memasarkan di luar negeri, dan bagaimana melakukan pengembangan kapasitas produksi dalam workshop bisnis yang diadakan setiap harinya oleh profesional dan mentor yang berpengalaman," pungkasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved