Pasukan TNI AL Atur Strategi di Atas Geladak Kapal di Pulau Kangean Saat Menghindari Ancaman Ranjau

Ratusan personel TNI AL yang diangkut KRI Makassar menuju Pantai Banongan Situbondo singgah dulu ke Laut Kepulauan Kangean Sumenep.

Pasukan TNI AL Atur Strategi di Atas Geladak Kapal di Pulau Kangean Saat Menghindari Ancaman Ranjau
SURYA.CO.ID/NURAINI FAIQ
Pasukan gabungan dari seluruh satuan TNI AL saat mengatur strategi latihan perang di atas KRI Makassar, Jumat (12/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ratusan personel TNI AL yang diangkut KRI Makassar menuju Pantai Banongan Situbondo singgah dulu ke Laut Kepulauan Kangean Sumenep. Mereka harus melakoni serangkaian latihan perang di perairan. 

Tidak saja mengatur dan menyusun strategi perang untuk melumpuhkan sasaran. Namun pasukan yang berada di atas KRI ini harus mampu meloloskan diri dari jebakan ranjau laut. 

Surya yang ikut serta bersama personel TNI di dalam KRI Makassar merasakan akselerasi, manuver, dan gerakan sedikit memutar dari kapal perang ini. Kapal perang ini Melintas dengan menghindari ranjau. Ini adalah bagian dari simulasi latihan perang Armada Jaya ke-37.

Ini Spesifikasi dan Kapasitas Kapal Bantu RS yang Dibuat PT PAL, Bisa Angkut 120 Kru & 163 Pasien

Puncak latihan perang untuk semua satuan TNI AL tersebut melibatkan puluhan kapal perang, pesawat tempur, belasan tank, dan seluruh alutsista hingga persenjataan. Sekitar 6.300 personel dikerahkan untuk latihan perang ini.

Latihan perang Armada Jaya ke-37 itu sudah digelar sajak 10 Juli 2019 lalu dan berakhir 15 Juli 2019. "Jam 10.00 hari ini akan ada uji coba pendarahan amfibi.

First Steel Cutting Kapal Bantu RS Dimulai Hari Ini di PT PAL Surabaya, Ditarget Tuntas Oktober 2021

Seluruh kekuatan kendaraan tank kita akan diijicobakan," kata salah satu komandan latihan saat memimpin strategi latihan perang.

Satuan infanteri dan kavaleri akan mendapat dukungan penuh dari satuan lain saat hendak melakukan pendaratan amfibi.

Mereka juga akan didukung satuan persenjataan secara penuh. Semua disampaikan dalam paparan strategi perang di atas geladak kapal. 

Paparan strategi perang ini digelar di atas geladak kapal KRI Makassar. Mereka membentangkan peta perang juga di geladak kapal yang sama. Sebelumnya mereka menggelar apel di atas perairan Kangean lebih dulu. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved