Tandatangan Kerjasama dengan BPPT, Sidoarjo Berencana Bangun Instalasi Listrik Tenaga Sampah

Sidoarjo harus mengurus 1.200 ton sampah setiap harinya, sementara TPA nya sudah overload. Berbagai cara dipikirkan Pemkab Sidoarjo untuk mengatasinya

Tandatangan Kerjasama dengan BPPT, Sidoarjo Berencana Bangun Instalasi Listrik Tenaga Sampah
SURYA/M TAUFIK
Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam rangka pengembangan teknologi pengelolaan sampah terpadu. 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Sidoarjo harus mengurus 1.200 ton sampah setiap harinya, sementara TPA (tempat pembuangan akhir)-nya sudah overload.

Berbagai cara dipikirkan Pemkab Sidoarjo untuk mengatasi masalah sampah ini.

Yang terbaru, Pemkab Sidoarjo melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam rangka pengembangan teknologi pengelolaan sampah terpadu.

Kesepakatan bersama yang ditandatangani Pemkab Sidoarjo dengan BPPT meliputi pengkajian dan kebijakan teknologi, pengkajian dan penerapan teknologi di bidang agroidustri dan bioteknologi.

Serta pengkajian dan penerapan teknologi di bidang pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan.

(DLH Pamekasan Angkut 30 Ton Sampah Tiap Hari, TPA Bisa Tahan 4 Tahun Bila Warga Penuhi Syarat Ini)

Selain itu, juga disepakati tentang pengkajian dan penerapan teknologi industri rancang bangun dan rekayasa, serta pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material.

"Ini sebagai langkah-langkah untuk mengatasi persoalan sampah. Semoga upaya ini membawa manfaat besar bagi kemajuan masyarakat Sidoarjo,” ujar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Penandatanganan MoU ini merupakan bentuk komitmen bersama antara BPPT yang akan memberikan dukungan untuk melakukan kajian menyeluruh bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan peningkatan mutu pembangunan di daerah.

Ketika bertemu dengan Kepala BPPT Hammam Riza, bupati juga mengaku telah berdiskusi panjang lebar tentang masalah sampah di Sidoarjo.

Saiful Ilah menyebut ada peluang pembangunan teknologi Instalasi Listrik Tenaga Sampah

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved