Komoditas Holtikultura Indonesia Diekspor ke 113 Negara, Dirjen Hortikultura Kenalkan SARTIKA

Produksi komoditas hortikultura Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, bahkan berlimpah. Harus diimbangi dengan penguatan sistem pemasaran

Komoditas Holtikultura Indonesia Diekspor ke 113 Negara, Dirjen Hortikultura Kenalkan SARTIKA
Istimewa
Acara Pemaparan Penyusunan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Hortikultura di Yogyakarta, Jumat kemarin (12/7/2019) kemarin. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Produksi komoditas hortikultura Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, bahkan berlimpah.

Mengingat hal tersebut, Dirjen Hortikultura, Suwandi mengatakan, peningkatan produksi Komoditas Holtikultura harus diimbangi dengan penguatan sistem pemasarannya.

Baik untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun untuk memperluas ceruk pasar ekspor.

“Butuh penguatan market intelligence dan diplomasi perdagangan internasional untuk bisa mendobrak pasar dunia. Harus lebih cerdik dan progresif, jangan terlalu konservatif,” katanya saat dihubungi TribunJatim.com, Sabtu (13/7/2019).

(Indonesia Ekspor Produk Hortikultura 435 Ribu Ton di 2018, Guru Besar IPB Usul Konsep OVOV)

Suwandi menegaskan saat ini produk hortikultura Indonesia bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Beberapa komoditas ekspor Indonesia yang sudah banyak mengisi pasar ekspor antara lain nenas, pisang, guava, mangga, manggis, durian, kubis, bawang merah, kunyit, kapulaga dan berbagai jenis tanaman hias.

“Kita sudah ekspor lebih dari 113 negara. Trend ekspor juga meningkat. Khusus untuk pasar ekspor buah ke China masih perlu dipacu lagi," kata Suwandi.

"Indonesia baru bisa memasukkan 5 komoditas buah yaitu pisang, salak, lengkeng, manggis dan buah naga," tegasnya.

Sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kementan terus melakukan perbaikan sistem distribusi, logistik dan pemasaran produk hortikultura.

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved