Melalui PAE, PG Ajak Masyarakat Cerdas Berplastik Untuk Mengurangi Sampah Plastik Dunia

Direktur Utama Petrokimi GrResik (PG )Rahmad Pribadi mengatakan bahwa PAE 2019 ini sudah ke 14 kalinya disenggarakan. Kegiatan ini merupakan rangkaian

Melalui PAE, PG Ajak Masyarakat Cerdas Berplastik Untuk Mengurangi Sampah Plastik Dunia
(surya/Sugiyono)
Panitia PAE 2019 menyediakan kantong belanja gratis bagi pengunjung. Kegiatan itu untuk kampanye terhadap pengunjung agar #CerdasBerplastik, Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pengunjung Petro Agrifood Expo (PAE) 2019 diajak cerdas berplastik. Hal ini untuk mengurangi sampah plastik selama tiga hari pameran. Sehingga diharapkan bisa mengurangi sampah plastik di Indonesia dan dunia.

Direktur Utama Petrokimi Gresik (PG ) Rahmad Pribadi mengatakan bahwa PAE 2019 ini sudah ke 14 kalinya disenggarakan. Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47 PG.

PAE diselenggarakan untuk mengekpos hasil riset PG agar dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas, khususnya pelaku pertanian.

"PAE adalah momen penting untuk menunjukkan keunggulan Patrokimia Gresik dibindang riset, sekaligus menarik potensial customer," kata Rahmad, Sabtu (13/7/2019).

Selain itu, PAE juga menampilkan keberhasilan hasil panen petani binaan. Sedikitnya ada 60 stand menjual hasil panennya. Termasuk stand PG beserta anak perusahaan dan PT Pupuk Indonesia grup.

"Kelompok tani binaan PG, petani binaan distributor, serta perusahaan swasta yang bergerak dibidang produk pertanian dan olahan," imbuhnya.

Dari banyaknya stand dan pengunjung itu, panitia PAE 2019 mengajak pengunjung untuk cerdas berplastik. Panitia menyediakan kantong kain gratis bagi pengunjung. Syaratnya cukup mudah, yaitu dengan selfie, kemudian diupload di Instagram dengan hastag #CerdasBerplastik.

Unggul Lebih Dulu, Persebaya Kalah 1-2 Dari PSS Sleman. Tuan Rumah Naik Ke Posisi Lima

"Ini cara panitia PAE dalam mengedukasi pengunjung agar bijak dalam menggunakan plastik sekali pakai dan menyediakan kantong kain. Sehingga ini sebagai wujud kepedulian PG terhadap isu lingkungan sampah plastik. Sebab, sampai saat ini terus menjadi sorotan baik di Indonesia maupun dunia internasional," kayanya.

Kegiatan PAE selama tiga hari yaitu, pasar murah aneka macam buah, bibit dan produk-produk pertanian serta aneka macam pupuk. Selain itu, ada pelatihan budidaya tanaman dengan teknik vertikultural. Serta dihari ketiga, pengunjung dipersilahkan metik buah dan sayur sendiri di kebun percobaan (Buncob) PG, Jl Notoprayitno, Gresik.

Manager Humas PT Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan, mengatakan bahwa cara cerdas berplastik ini harus disikapi dengan bijak, bagaimana penggunaan plastik bisa seefisien mungkin dan bijak. Sebab, melihat kerusakan lingkungan di laut di daratan banyak didominasi sampah plastik.

"Petrokimia Gresik ini peduli terhadap lingkungan, sehingga mengkampanyekan cerdas berplastik diacara Petro Agrifood Expo ini," kata Ihwan.

Lebih lanjut Ihwan mengatakan bahwa panitia PAE menyediakan kantong plastik gratis dengan cara selfie mengkampanyekan cerdas berplastik melalui media sosial masing-masing.

"Kantong yang disediakan panitia, ini mudah terdegradasi oleh alam," imbuhnya. (Adv).

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved