Pentas 1.000 Barong Jadi Penutup Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Berebut Selfie

Ribuan pengunjung berebut melakukan foto selvi dengan pemain barong usai mengikuti pentas 1.000 barong penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri

Pentas 1.000 Barong Jadi Penutup Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Berebut Selfie
(Surya/Didik Mashudi)
Pemain barong perempuam usai tampil pentas 1.000 barong di Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Ribuan pengunjung berebut melakukan foto selvi dengan pemain barong usai mengikuti pentas 1.000 barong penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri di Lapangan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Sabtu (13/7/2019).

Aksi pentas kolosal pemain barong ini menjadi hiburan yang mendatangkan ribuan pengunjung. Apalagi pemain barong yang tampil datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain didominasi pemain pria, juga banyak pemain barong perempuan mulai usia anak-anak, remaja dan dewasa yang tampil bersama pemain barong pria. Pengunjung terlihat berebut untuk mengabadikan kebersamaannya dengan para pemain barong.

Ajeng (25) salah satu pengunjung mengaku selalu melihat penampilan pentas 1.000 barong di Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri. "Banyak teman-teman saya yang ikut tampil," ungkapnya.

Ajeng memilih mengajak foto selvi dengam barong yang paling seram tampangnya. Malahan foto selvinya bakal menjadi foto di HP dan facebook.

Sementara Susan (20) , salah satu pemain barong perempuan asal Bontang, Kalimantan mengaku sudah dua kali mengikuti pentas 1.000 barong di Kabupaten Kediri.

Korupsi di Dinkes Kabupaten Malang, MCW: Oknum Kirim Kode Peluru Seusai Setor Uang Korupsi ke Laci

Satreskrim Polresta Sidoarjo Tembak Mati Otak Pelaku Perampokan Minimarket di Wilayah Sidoarjo

Tampak Tertidur Pulas, Saat Dibangunkan Ternyata Tukang Becak di Surabaya Ini Sudah Meninggal

"Kami latihan rutin bersama teman satu tim sebelum tampil di Kediri. Kami juga mengajak generasi muda di Bontang mencintai kesenian tradisional jaranan," ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Kebetulan di Bontang juga cukup banyak grup kesenian jaranan dan banyak sekali penggemarnya.

"Sejak kecil saya memang suka main barong. Meski cukup berat barongnya saya sudah terbiasa," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Sementara Heri Pratondo, Ketua Paguyuban Seni Jaranan (Pasjar) Kediri menyebutkan, peserta pentas barong yang tampil jumlahnya lebih dari 1.000 barong.

Para peserta datang dari grup jaranan yang ada di Kediri dan sekitarnya serta peserta dari luar kota dan pulau. Salah satunya grup jaranan dari Bontang Kalimantan yang sudah langganan mengikuti pentas 1.000 barong.

Meski tidak ada penampilan baru dari kegiatan pentas 1.000 barong, namun antusias pengunjung terlihat sangat banyak. Sehingga saat kegiatan berlangsung jalanan di seputaran Monumen SLG mancet dan tersendat.

Sejumlah pejabat yang hadir seperti Wakil Bupati Drs Masykuri, Kajari Subroto, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi dan Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno juga sempat bergaya sambil membawa barong.(dim/Tribunjatim.com)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved