Diduga Penyaluran BPNT Tidak Tepat Sasaran, Aktivis Mahasiswa Unisda Lamongan Luruk Dinsos

Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lamongan Jawa Timur disoal para aktivis kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa

Diduga Penyaluran BPNT Tidak Tepat Sasaran, Aktivis Mahasiswa Unisda Lamongan Luruk Dinsos
surya/Hanif Manshuri
Para aktivis mahasiswa yang tergabung dalam PMII saat bertandang menemui Kadis Dinsos Lamongan, Kamil, Senin (15/7/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Lamongan Jawa Timur disoal para aktivis kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan.

Sorotan massa ini diluapkan dalam aksi puluhan mahasiswa di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Lamongan, Senin (15/7/2019).

Koordinator aksi, Yoyok Eko Prasetyo mengatakan, bahwa sampai saat ini penyaluran BPNT masih banyak yang tidak tepat sasaran.

"Berdasarkan keluhan yang disampaikan teman-teman mahasiswa yang dari Sukodadi, Turi, Modo, ada dari Kecamatan Laren dan kecamatan-kecamatan lain, ternyata kasusnya sama, banyak yang tak sesuai sasaran," kata Yoyok kepada Tribunjatim.com.

PMII mendesak Dinsos Lamongan segera mengambil langkah penyelesaian agar persoalan persoalannya selesai dan tepat sasaran.

Tuntutan pertama, agar penyalurannya tepat sasaran, kedua harus ada tanda pada rumah-rumah penerima bantuan pangan non tunai.

"Ini cara untuk meminimalisir atau menghindari salah sasaran," katanya kepada Tribunjatim.com.

Sementara itu, Kepala Dinsos Lamongan, Moh Kamil pada massa PMII mengungkapkan, salah satu penyebab penyaluran tidak tepat sasaran karena belum diperbaharuinya Basis Data Terpadu (BDT) atau data kemiskinan.

"Makanya keluarga miskin yang sudah meningkat menjadi keluarga mampu masih tercatat sebagai keluarga miskin," katanya.

Ia meyakini masih banyak masyarakat mampu yang masih masuk dalam BDT.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved