Antisipasi Bencana Tsunami, Bakorwil III Jatim Latih 34 Desa di Blitar dan Malang Tangguh Bencana

Kepala Bakorwil Pemerintahan dan Pembangunan III Prov. Jatim di Malang, Benny Sampir Wanto, menerima Pataka Destana masuknya kegiatan penguatan desa

Antisipasi Bencana Tsunami, Bakorwil III Jatim Latih 34 Desa di Blitar dan Malang Tangguh Bencana
Istimewa
Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Prov. Jatim di Malang, Benny Sampir Wanto, menerima Pataka Destana Tsunami Regional Jawa Timur 2019 dari Kabakorwil V Prov. Jatim di Lumajang, R. Tjahjo Widodo (ist) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Prov. Jatim di Malang, Benny Sampir Wanto, menerima Pataka Destana Tsunami Regional Jawa Timur 2019 dari Kabakorwil V Prov. Jatim di Lumajang, R. Tjahjo Widodo.

Serah terima tersebut berlangsung di perbatasan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Selasa (16/7/2019).

"Serah terima pataka ini sebagai penanda usai dan mulai masuknya kegiatan penguatan desa tangguh bencana dari sebuah wilayah ke wilayah lainnya," ujar Benny, Selasa (16/7/2019).

Prosesi penerimaan Pataka  Destana Tsunami ini diawali dengan penyerahaaan pataka dari Kalaksa Kab. Lumajang kepada Kabakorwil V Prov. Jatim.

(VIDEO: Buruh Mengamuk Menguji Pengamanan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Ternyata Simulasi)

Selanjutnya Oataka Destana ini diserahkan ke Kabakorwil III Prov. Jatim di Malang dan terakhir pataka tersebut diserahkan kepada Kalaksa Kab. Malang.

"Untuk penguatan ketangguhan terhadap bencana di wilayah pesisir selatan Jatim di wilayah Bakorwil III, dimulai tanggal 16 - 19 Juli," ucap Benny.

Sebanyak 34 desa akan mengikuti penguatan ketangguhan bencana ini, dengan rincian 19 desa dari Kabupaten Malang dan 15 desa dari kabupaten Blitar.

Benny menambahkan materi dalam acara tersebut akan diisi langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Mulai dari sosialisasi dan penguatan aparatur desa, inventarisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana, penanaman vegetasi, serta penyelenggaraan panggung pertunjukkan hingga api unggun kesiapsiagaan masyarakat.

Dalam serah terima Pataka Destana Tsunami  tersebut hadir Mayjen TNI (Purn ) Prof.Dr.Syamsul Maarif, S.lo M.H, guru Besar UNHAN yang sekaligus inisiator Ikatan Ahli Bencana Indonesia.

(Siapkan Daerah Tangguh, BPBD Jatim Gelar Simulasi Bencana di Kota Malang, Dihadiri TNI hingga Polri)

Foto: Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Prov. Jatim di Malang, Benny Sampir Wanto, menerima Pataka Destana Tsunami Regional Jawa Timur 2019 dari Kabakorwil V Prov. Jatim di Lumajang, R. Tjahjo Widodo (ist)

Attachments area

 
 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved