Golkar Siapkan Pimpinan Dewan di Sejumlah Daerah Se-Jatim, Begini Mekanismennya

Partai Golkar jatim mulai memetakan calon pimpinan dewan periode 2019-2024 di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Golkar Siapkan Pimpinan Dewan di Sejumlah Daerah Se-Jatim, Begini Mekanismennya
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Ketua Bidang Pembangunan Daerah dan Desa DPP Partai Golkar, Zainudin Amali, bersama Khofifah Indar Parawansa, pada salah satu acara, beberapa saat lalu. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Golkar jatim mulai memetakan calon pimpinan dewan periode 2019-2024 di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Berdasarkan hasil pemilu 2019, partai berlambang pohon beringin ini berpeluang mendapat kursi pimpinan di mayoritas daerah dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Di sejumlah kabupaten/kota di Jatim, Golkar berhasil mengunci lima besar perolehan suara berdasarkan hasil pemilu 2019. Oleh karenanya, Golkar berhak mendapatkan kursi pimpinan dewan di beberapa daerah tersebut.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jatim menegaskan bahwa pihaknya memiliki sejumlah tolok ukur untuk memilih calon pimpinan DPRD kabupaten/kota. Untuk memutuskan pimpinan dewan, tiap daerah akan menggelar rapat pleno dengan dihadiri pengurus provinsi.

“Kami (pengurus provinsi) dalam waktu dekat akan keliling se-Jatim untuk mengikuti rapat pleno di DPD Golkar tingkat II (kabupaten/kota). Di dalam rapat pleno ini, nantinya akan menghasilkan tiga nama yang diajukan untuk duduk dipimpinan DPRD tingkat II,” kata Ketua DPD Golkar Jatim, Zainudin Amali saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (15/7/2019).

Mayat Bayi Ditemukan Warga Tandes Surabaya Terbungkus Kresek dan Terpendam di Tanah

Guru Honorer di Banten Tinggal di Toilet Sekolah, Gaji Tiap Bulan Kecil Tak Sanggup Sewa Rumah

Prabowo Tulis Surat untuk Amien Rais Sebelum Bertemu Jokowi, Begini Isi Suratnya

Pria yang juga ketua Komisi II DPR RI ini mengatakan bahwa tiga nama itu akan diusulkan ke DPD Jatim. Selanjutnya, DPD Jatim akan memilih kader terbaik untuk menempati posisi tersebut.

ZA (sapaan Zainuddin Amali) menjelaskan bahwa pihaknya memiliki standart yang didasarkan pada petunjuk pelaksanaan dalam menentukan pimpinan DPRD tingkat II. "Tim bentukan ini yang menentukan nantinya," kata ZA.

Beberapa persyaratan yang harus dimiliki pimpinan di DPRD diantaranya berpengalaman di dewan dengan dibuktikan pernah menjadi anggota DPRD kabupaten/kota periode sebelumnya. Selain itu, harus loyal terhadap partai.

Tak hanya itu, pimpinan tersebut juga memiliki komitmen untuk membesarkan partai di even politik berikutnya.

"Harus punya komitmen untuk membesarkan partai Golkar di daerah dalam menghadapi pilkada serentak, pileg, maupun pilpres ke depan,” jelasnya kepada Tribunjatim.com.

ZA yang juga Anggota DPR RI dari dapil Jatim ini pun optimis kedepan para pimpinan DPRD dari Golkar memiliki kapabilitas dalam menjalankan tugas di legislatif. Utamanya, dalam mengawal aspirasi suara rakyat. (bob/Tribunjatim.com)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved