Sosiolog Unair Surabaya : Adegan Sinetron dan Kurangnya Kualitas Komunikasi Keluarga Picu Bullying

Sosiolog sekaligus Dosen Sosiologi Unair Surabaya Bagong Suyanto mengatakan, kasus bullying atau persekusi dipicu dari adegan-adegan sinetron

Sosiolog Unair Surabaya : Adegan Sinetron dan Kurangnya Kualitas Komunikasi Keluarga Picu Bullying
SURYA.CO.ID
Pakar Sosiolog, Prof Bagong Suyanto

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sosiolog sekaligus Dosen Sosiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Bagong Suyanto mengatakan, kasus bullying atau persekusi dipicu dari adegan-adegan sinetron yang menjadi percontohan anak-anak muda.

Adegan genre-genre sinetron dinilainya dapat mempengaruhi cara berpikir anak-anak remaja.

"Bullying memang tren, persekusi bullying. Menurut saya preferensinya adegan sinetron yang kelihatannya menjadi acuan anak muda menyikapi yang tidak sukaan pada orang-orang tertentu," kata Bagong Suyanto, Selasa (16/7/2019).

Menyoal adegan sinetron, Bagong lantas mengkritik adegan yang dapat menjadi tiruan anak-anak hingga berujung persekusi.

"Mereka kan imitatif, menjadi preferensi melihat dan meniru. Saya kira sinetron kita harus dievaluasi ulang untuk tidak menjadi contoh kemungkinan praktek bullying," katanya kepada Tribunjatim.com.

Selain itu, dirinya menyayangkan jika berkurangnya komunikasi antar keluarga, orang tua kepada anak-anak mereka terutama kehidupan di Kota Besar seperti Surabaya.

"Keluarga sendiri mungkin kelemahannya intensitas dan kualitas interaksi orang tua dan anak berkurang terutama di kota besar. Sementara anak mencari preferensi nilai di lingkungan sekolah, dunia maya dan dipengaruhi budaya populer sinetron," paparnya kepada Tribunjatim.com.

Berkaca pada kasus pengeroyokan anak-anak yang sempat viral terjadi di Surabaya, Bagong menambahkan para pelaku dan korban yang masih di bawah umur merupakan korban situasi.

Terus Disindir Lawan, Hotman Sebut Kasus ‘Bau Ikan Asin’ Tak Lagi Fokus, Cincin Rp 8 M Jadi Taruhan

Amien Rais Ketemu Prabowo 20 Menit: Jika untuk Kepentingan Rakyat, Rekonsiliasi Bisa Dipertimbangkan

PSM Makassar Vs Persebaya, Darije Kalezic Berambisi Lanjutkan Rekor Positif Laga Kandang Juku Eja

"Kalau korban dan pelaku masih di bawah umur, itu korban situasi. Penangannya lebih banyak program melindungi supaya personality anak tidak lebih parah dan menyimpang," tambah dia.

Halaman
12
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved