Aset YKP Pindah Tangan ke Pemkot, Wali Kota Risma Ingin Bangun Rumah Susun Buat Warga Surabaya

Pasca aset YKP pindah tangan ke Pemkot, Wali Kota Risma ingin bangun rumah susun buat warganya

Aset YKP Pindah Tangan ke Pemkot, Wali Kota Risma Ingin Bangun Rumah Susun Buat Warga Surabaya
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ASET KEMBALI - Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menerima secara simbolis aset senilai kurang lebih Rp 5 Triliun dari Yayasan Kas Pembangunan (YKP) yang diserahkan Kepala Kejati Jatim, Sunarta di sela acara Deklarasi Gerakan Penyelamatan Aset Negara di Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Kamis (18/7) yang dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kajati Jawa Timur Sunarta, bersama para Bupati/Wali Kota, Kepala Kejaksaan Negeri, dan juga Kepala Kantor Pertanahan se Jawa Timur. Deklarasi itu sebagai komitmen bersama untuk mengawal dan mengambil kembali aset-aset negara yang tengah mengalami sengket atau dikuasai pihak lain. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) yang telah resmi dikembalikan kepada Pemkot Surabaya, disambut baik Wali Kota Risma.

Bahkan Wali Kota Risma berkeinginan membangun rumah susun untuk warga Surabaya.

Hal itu disampaikan Wali Kota Risma, seusai menerima secara resmi aset yang sempat 'lepas' dari Pemkot Surabaya sejak tahun 2002 silam di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Kamis (18/7/2019).

Wali Kota Risma Mendadak Panas Dingin di Kejaksaan Tinggi Jatim, Aset YKP Rp 10 T Pindah Tangan

"Terus terang saya pingin, karena waiting listnya rusun ini sampek enam ribu KK, jadi kalo nanti ada aset-aset itu sebagian mungkin bisa dipergunakan untuk rumah susun, itu warga tidak mampu," ucap Wali Kota Risma, Kamis (18/7/2019).

Namun, rencana itu, menurut Wali Kota Risma masih akan dikomunikasikan dengan DPRD Kota Surabaya.

Wali Kota Risma melanjutkan, saat ini, aset itu masih akan dilakukan proses inventarisasi oleh formatur YKP, yang terdiri dari beberapa pejabat Pemkot Surabaya, yang telah mengambil sumpah beberapa waktu lalu di Balai Kota Surabaya.

Kejati Jatim Bakal Terus Proses Hukum Kasus Korupsi YKP, Meski Aset Sudah Kembali ke Pemkot Surabaya

"Kita lagi inventarisir, kita kan ada formatur sementara, ada pengurus, pembina terus pengawas, sementara nanti sambil inventarisasi data sama asetnya," ujar Wali Kota Risma.

Diketahui, Aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) bernilai lima triliun itu telah resmi diterima Pemkot Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Berlangsung di Kejati Jatim, penyerahan aset bertajuk 'Gerakan Penyelamatan Aset Negara' itu diikuti bersama Jaksa dan Kepala Daerah dari 38 Kabupaten Kota seluruh Jawa Timur.

Aset YKP Kembali ke Tangan Pemkot Surabaya, Langsung Ambil Sumpah Pada Formatur Kepengurusan YKP

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved