Salim Said Usul Masa Jabatan Presiden Satu Periode 7 Tahun: Lembaga Petahana Harus Dihapuskan

Salim Said usul masa jabatan presiden dalam satu periode dari lima tahun menjadi tujuh tahun, rupanya ini alasan Salim Said beri usulan tersebut!

Salim Said Usul Masa Jabatan Presiden Satu Periode 7 Tahun: Lembaga Petahana Harus Dihapuskan
Tayangan TvOne
Salim Said saat berada di program acara Dialog TvOne, Rabu (17/7/2019) 

TRIBUNJATIM.COM - Guru besar Universitas Pertahanan, Salim Said menanggapi mengenai wacana atau usulan masa jabatan presiden dalam satu periode dari lima tahun menjadi tujuh tahun.

Salim Said tampaknya menyetujui wacana perubahan masa jabatan. Tanggapannya itu disampaikan oleh Salim Said secara langsung saat menjadi narasumber dalam program acara Dialog TV One, pada Rabu (17/7/2019).

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa usulan Salim Said itu serupa dengan Eks Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) AM Hendropriyono. Hendropriyono sempat memberikan saran agar dalam satu periode diubah menjadi delapan tahun.

Rocky Gerung Sebut Jokowi Persulit & Tolak Investasi Asing, Adian: Mempersulit Bukan Berati Menolak

Ayu Ting Ting Ditanya Melaney Ricardo Sudikah Jadi Istri Kedua, Ayu: Cinta Itu Nggak Bisa Dibagi Dua

Berawal dari sang pembawa acar yang mempertanyakan bagaimana pendapat Salim Said soal wacana mengenai jabatan presiden selama 7 tahun dan dibatasi selama satu periode.

"Begini sepanjang yang saya ingat dan mudah-mudahan saya tidak keliru. Saya adalah orang pertama yang mengusulkan perubahan masa jabatan presiden dari 2 kali dalam 5 tahun menjadi 1 kali dalam 7 tahun," jawab Salim Said.

Meskipun Salim Said mengakui perubahan masa jabatan adalah usulan Salim Said sendiri, namun ia menyebut bahwa ia tidak memiliki kewenangan untuk menentukan perubahan tersebut.

"Yang akan menetukan itu bukan saya. Saya hanya punya usul saja. Yang akan menentukan kan wakil rakyat. Itu kan harus mengubah Undang-Undang Dasar," lanjut Salim Said.

Rocky Gerung Sebut Jokowi Menghajar Dirinya Sendiri, Adian: Mungkin Dia Tidak Dengar dengan Sempurna

Berpotensi Jadi Capres Dalam Pilpres 2024, Ahok BTP Bisa Jadi Kuda Hitam, Prabowo Masih Berpeluang

Kemudian, Salim Said menjelaskan dirinya secara pribadi Indonesia mengikuti Perancis dan Filipina, yakni tujuh tahun dalam satu periode kepemimpinan seorang presiden.

"7 tahun itu suatu hal (red: masa jabatan presiden) yang sudah terjadi di beberapa tempat. Yang saya tahu itu Perancis dan Filipina itu tujuh tahun.

Nah kenapa saya usulkan satu masa jabatan? yang saya usulkan itu bukan hanya presiden tetapi semua jabatan politik yang dipilih rakyat atau elected politicians, mulai dari presiden, gubernur, bupati dan walikota yang dipilih rakyat itu satu masa jabatan saja.

Halaman
123
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved