Jaksa Bakar Habis Barang Bukti Sabu & Ganja dari 62 Perkara di Jombang, Vonis Terberat 14 Tahun Bui

Jaksa Bakar Habis Barang Bukti Sabu & Ganja dari 62 Perkara di Jombang, Vonis Terberat 14 Tahun Bui.

Jaksa Bakar Habis Barang Bukti Sabu & Ganja dari 62 Perkara di Jombang, Vonis Terberat 14 Tahun Bui
SURYA/SUTONO
Pemusnahan barang bukti narkoba di Kejari Jombang 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Kejari Jombang, Jawa Timur, memusnahkan sejumlah barang bukti kasus penyalahgunaan narkotika dan obat keras berbahaya di halaman Kantor Kejari setempat, Jumat (19/7/2019).

Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan itu meliputi sabu dengan total berat hampir setengah kilogram, 400 gram lebih ganja kering, pil double L sebanyak 77.000 lebih dan 100 butir pil ekstasi serta sejumlah alat hisap. 

Dalam Sehari, Dua Kakek di Jombang Gantung Diri, Disebabkan Depresi

Gara-gara Puntung Rokok, Galangan Kayu di Jombang Terbakar

Harga Cabai Rawit di Kabupaten Jombang Mencapai Rp 80 Ribu Satu Kilogram, Diperkirakan Gagal Panen

Barang bukti itu merupakan sitaan dari para terdakwa kasus narkoba yang telah mendapatkan putusan hukum tetap.

Yakni, 62 perkara dari kasus pelanggaran Undang-Undang tentang narkotika dan 108 terdakwa yang terjerat kasus pil koplo atau Undang-Undang tentang kesehatan. 

Kepala Kejari Jombang Syafiruddin menyebut, dari ratusan terdakwa kasus narkoba ini, putusan hukum terberat tahun ini mencapai 14 tahun penjara. 

"Berdasarkan undang-undang masa hukumannya mulai dari sehari hingga 20 tahun. Tahun ini putusan terlama mulai 12 - 14 tahun penjara. Tergantung unsur-unsur yang didakwakan, baik dari jumlah barang bukti ataupun perbuatan terdakwa,” ujarnya. 

Sementara, dari beberapa kasus penyalahgunaan narkoba ini, paling mencolok terjadi pada pelanggaran undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Dimana jumlah barang buktinya meningkat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah sekitar 40.000 butir. 

"Tahun ini pil koplo jumlahnya hampir dua kali lipat, 77.765 butir dengan jumlah terdakwa yang telah mendapat putusan hukum tetap sebanyak 108 orang", pungkasnya.

Penulis: Sutono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved