Bupati Trenggalek Mas Ipin Buka Pekan Olahraga dan Seni antara Diniyah Jatim 2019

Pekan Olahraga dan Seni antara Diniyah (Porsadin) ke Empat digelar di Trenggalek. Pembukaan kegiatan itu digelar di Pendopo Kabupaten Trenggalek

Bupati Trenggalek Mas Ipin Buka Pekan Olahraga dan Seni antara Diniyah Jatim 2019
AFLAHUL ABIDIN/SURYA
Bupati Trenggalek M Nur Arifin memukul bedug tanda dibukanya Porsadin ke-4 Jatim di Kabupaten Trenggalek, Jumat (18/9/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEKPekan Olahraga dan Seni antara Diniyah (Porsadin) ke Empat digelar di Trenggalek. Pembukaan kegiatan itu digelar di Pendopo Kabupaten, Jumat (18/7/2019) malam.

Porsadin diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Jatim. Total pesertanya 1862 orang. Ada dua belas cabang perlombaan yang digelar dalam Porsadin.

Yakni tahfidz jus 30, MQK Safinatunnaja, cerdas cermat, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, MTQ, muratol walimla, kaligrafi, puisi islami, lari sprint, bulu tangkis, dan tenis meja.

Bupati Trenggalek M Nur Arifin berterima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga pagelaran Porsada di Trenggalek bisa dijalankan sesuai rencana.

“Saya berharap semua kontingen bersemangat karena kesuksesan kegiatan ini bukan karena penyelenggara saja, tapi juga karena para peserta semua,” kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu kepada Tribunjatim.com.

Ketua DPW Forum Komunikasi Diniyah Tamiliyah (FKDT) Jatim Satuham Akbar berharap, Jatim akan bisa menjuarai Porsadin tingkat nasional yang nantinya akan digelar di Belitung. Pada dua pagelaran terakhir serupa, Jatim berhasil meraih juara umum.

“Jatim dua kali periode selalu mendapatkan juara umum. Mudah-mudahan lewat Porsadin Jatim di Trenggalek ini, Jatim kembali bisa menjadi juara umum,” katanya.

Jatim, kata dia, memiliki banyak yayasan diniyah. Hingga saat, tercatat sekitar 26.000 yayasan diniyah berdiri di Jatim. Sementara data diniyah nasional berjumlah sekitar 80.000 yayasan.

“Mudah-mudahan Porsadin di Trenggalek ini menjadi ajang silaturahmi diniyah. Kami sebagai panitia berterima kasih kepada Pemkab Trenggalek yang sudah menjadi tuan rumah,” harapnya kepada Tribunjatim.com.

Nunung Ditangkap karena Narkoba Sudah Diprediksi Keluarga Pelawak Polo, Bagai Bom Waktu, Sejak 1998

Hotman Paris Ungkap Akan Ada Tersangka Baru yang Terseret Dalam Kasus Ikan Asin, Siapakah Dia?

Bank Mandiri Beri Penjelasan Terkait Saldo Nasabah Berubah Drastis hingga Eror: Layanan Sudah Pulih

Kepala Sub Direktorat Pondok Pesantreng Kementerian Agama RI Ainur Rofiq mengatakan, kontingen Jatim dalam Porsadin nasional harus lengkap di semua cabang yang diperlombakan apabila ingin kembali menjadi juara umum.

Ia berharap, Porsadin bukan sekadar wadah untuk bersaing meraih juara. Namun juga wadah untuk bersilaturahmi bagi diniyah di seluruh kabupaten/kota di Jatim.

Madrasah Diniyah (Madin), kata dia, turut bersumbangsih terhadap esksinya Tanah Air. Itu lantaran, Madin tersebut menjadi tempat belajar kareakter dan akidah dari dasar.

“Oleh karena itu, kani dari Kementerian Agama berterima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan kegaiatan ini. Semoga Porsadin ke-4 di tingkat Jatim berjalan lancar,” kata Ainur. (Aflahul abidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved