Hasil Rapat Pleno, KPUD Gresik Tetapkan 50 Anggota DPRD Terpilih 2019 - 2024

- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik menggelar rapat pleno terbuka

Hasil Rapat Pleno, KPUD Gresik Tetapkan 50 Anggota DPRD Terpilih 2019 - 2024
Willy Abraham/Tribunjatim
Ketua KPUD Gresik, Ahmad Roni saat melakukan penandatanganan berkas penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon anggota terpilih DPRD Gresik periode 2019-2024 di salah satu hotel di Gresik, Sabtu (20/7/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik menggelar rapat pleno terbuka. Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik 2019 - 2024.

Ketua KPUD Gresik, Ahmad Roni mengatakan sebenarnya KPUD telah siap melakukan penetapan pada awal Juli. Namun, diundur karena menunggu balasan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK) sehingga baru ditetapkan sekarang.

"Mestinya tanggal 1 juli. Namun MK baru membalas surat kami tanggal16 juli kemarin. Sehingga kami baru bisa menetapkan sekarang," ujarnya saat memimpin rapat pleno terbuka di salah satu hotel di Kabupaten Gresik, Sabtu (20/7/2019).

Hal ini sesuai dengan peraturan KPU yang tidak memiliki sengketa pemilu maka segera melakukan penetaoan paling lambat lima hari setelah surat diterima.

Bakal ada 50 anggota DPRD Kabupaten Gresik 2019-2024 yang bakal ditetapkan. Berasal dari delapan daerah pemilihan (Dapil), meliputi Dapil 1 (Kecamatan Gresik dan Kecamatan Kebomas), Dapil 2 (Kecamatan Duduksampeyan dan Kecamatan Cerme), Dapil 3 (Kecamatan Kedamean dan Kecamatan Menganti), Dapil 4 (Kecamatan Wringinanom dan Kecamatan Driyorejo), Dapil 5 (Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng), Dapil 6 (Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak), Dapil 7 (Kecamatan Dukun, Kecamatan Ujungpangkah dan Kecamatan Panceng) dan Dapil 8 (Kecamatan Sidayu, Kecamatan Bungah dan Kecamatan Manyar).

Penyebab Saldo Bank Mandiri Rp 0 hingga M-Banking Tak Bisa Diakses, Imbas Maintenance Sistem 

Terungkap Harga Sabu yang Dibeli Nunung Rp 1,3 juta Per Gram,Terduga Penyalur Sabu Ditangkap Polisi

Penghina Presiden Jokowi di Medsos IG Ditangkap di Malang, Tetangga Bongkar Sikap Pelaku: Ramah

Sesuai rincian yang diperoleh di masing-masing parpol. Antara lain, PKB mendapatkan 13 kursi, Gerinda 8 kursi, Golkar 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi dan PPP 3 kursi.

"Para calon yang terpilih adalah memiliki suara terbanyak di setiap dapil dan partainya. Tidak ada sengketa," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Para calon anggota terpilih diminta menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik, Imron Rosyadi mengapresiasi gelaran pemilu di Kota Pudak yang berlangsung aman, lancar dan damai.

"Sampai hari ini sangat cepat dibanding daerah lain, terimakasih kepada seluruh pimpinan partai, penyelenggara dan instansi terkait Pemilu di Gresik berjalan aman," jelasnya kepada Tribunjatim.com. (wil/Tribunjatim.com)

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved