Jalin Matra PFK Kembali Jadi Program Inovasi Pelayanan Publik Andalan Pemprov Jawa Timur

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

Jalin Matra PFK Kembali Jadi Program Inovasi Pelayanan Publik Andalan Pemprov Jawa Timur
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Gubernur Khofifah Saat menerima penghargaan dalam acara Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Hotel Gumaya Tower Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2019) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Inovasi program pelayanan publik dari Provinsi Jawa Timur kembali mengukir prestasi.

Tahun ini saja, ada 4 program inovasi pelayanan publik dari Jawa Timur dikirim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi pelayanan publik tingkat internasional atau United Nations of Public Service Awards (UNPSA) 2019 yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Baku, Azerbaijan.

Atas prestasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Hotel Gumaya Tower Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2019).

70 Stan Kuliner Khas Jawa Timur Akan Ramaikan Acara Blue Core Yamaha Motor Show, Catat Tanggalnya!

Belum Mendapat Izin, Persebaya Surabaya Gagal Bisa Gelar Latihan di Stadion Gelora 10 November

Satu dari 4 program inovasi yang dimaksud adalah Program Jalan Lain Menuju Mandiri Dan Sejahtera (Jalin Matra) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK).

"Tahun ini Jalin Matra PFK diikutkan dalam kategori program yang memberikan layanan inklusif dan adil tanpa terkecuali," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Mochamad Yasin, Jumat (19/7/2019).

Yasin menejelaskan, tahun lalu Program Jalin Matra PFK juga dikirim untuk mengikuti kompetisi yang sama.

Bahkan pada UNPSA 2018 di Kota Marakesh, Maroko, Program Jalin Matra PFK masuk salah satu finalis dalam kategori menyediakan atau mempromosikan pelayanan publik yang responsif gender untuk mencapai sasaran sustainable development goals (tujuan pembangunan yang berkelanjutan).

Realisasikan Komitmen, BNNP Provinsi Jawa Timur Canangkan Zona Integritas Menuju WBK-WBBM

Cetak Gol Perdana Persebaya Surabaya di Makassar setelah 15 Tahun Lalu, Begini Komentar Irfan Jaya

"Sementara di level dalam negeri, Program Jalin Matra PFK pada 2016, berhasil masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik)," jelasnya.

Kata Yasin, Program Jalin Matra PFK adalah program intervensi terhadap banyaknya perempuan dengan tingkat kesejahteraan 10 persen terendah, yang menjadi kepala rumah tangga perceraian atau ditinggal mati suaminya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved