Mantan Sekretaris Ansor Jatim: Calon Ketua Tak Mendaftar, Tapi "Didaftarkan"

Mantan Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur, Ahmad Tamim mengingatkan para kandidat Ketua Ansor Jawa Timur yang mendaftar

Mantan Sekretaris Ansor Jatim: Calon Ketua Tak Mendaftar, Tapi
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Abid Umar Faruq (Gus Abid) di Kantor PW Ansor Jatim 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mantan Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur, Ahmad Tamim mengingatkan para kandidat Ketua Ansor Jawa Timur yang mendaftar di bursa pencalonan untuk membuktikan dukungan. Sebab, dukungan dari Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) menjadi syarat formil pencalonan.

Berdasarkan regulasi di Ansor, para kandidat minimal harus memiliki dukungan 4 PC dan 20 PAC. PC merupakan pengurus di tingkat kabupaten/kota sedangkan PAC pengurus di tataran kecamatan.

"Di internal organisasi (Ansor), ada istilah 'Ketua Ansor tidak mencalonkan, tapi dicalonkan'. Artinya, saat mendaftarkan diri, harus bisa membuktikan syarat dukungan pengurus daerah," kata Gus Tamim kepada Surya.co.id ketika dikodi Surabaya, Sabtu (20/7/2019).

Pendaftaran Ansor rencananya akan dilakukan pada 22-24 Juli 2019 atau sebelum pelaksanaan Konferensi Wilayah (Konferwil) pada Minggu, 28 Juli 2019 mendatang di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang, Minggu (28/7/2019).

Sebelum panitia membuka pendaftaran, panitia akan terlebih dahulu menggelar Pra-Konferwil, Minggu (21/7/2019) Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo.

Djadjang Nurdjaman Akan Rotasi Lini Tengah Persebaya, Waspadai Dua Pemain Asing Tira Persikabo

Madura United Vs Arema FC 1-0, Laskar Sape Kerrab Berhasil Putus Rekor Positif Singo Edan

Selain Nunung, Ini Daftar Anggota Srimulat yang Pernah Tersandung Kasus Narkoba, Doyok hingga Tessy

Pra-Konferwil menjadi ajang bagi carateker untuk memvalidasi pemilik suara pada Konferwil mendatang. Sebab, untuk bisa memberikan suara, para PC dan PAC harus memenuhi sejumlah syarat.

Pertama, PC maupun PAC harus memiliki Surat Keputusan (SK) kepengurusan yang masih aktif. Syarat kedua, para PC dan PAC harus terakreditasi minimal memperoleh huruf B.

PC dan PAC dengan akreditasi A berhak memberikan dua suara, B dengan satu suara, serta C tak bisa memberikan hak suara.

"Akreditasi menjadi penilaian kinerja PC dan PAC. Kinerja bagus akan mendapat nilai A sekaligus hadiahnya bisa memberikan dua suara," katanya kepada Tribunjatim.com.

Sehingga, tak mengherankan meskipun hanya memiliki 38 PC dan 444 PAC, pemilih suara di Konferwil Jatim bisa mencapai 800 suara.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved