Asah Kemampuan Wirausaha, SMP Muhammadyah 4 Surabaya Bakal Gelar 'Creativepreneur Day' Setiap Bulan

Gembleng 63 siswa-siswi barunya agar bermental wirausaha, SMP Muhammadiyah 4 Surabaya gelar ‘Creativepreneur Day’ di Taman Bungkul Surabaya.

Asah Kemampuan Wirausaha, SMP Muhammadyah 4 Surabaya Bakal Gelar 'Creativepreneur Day' Setiap Bulan
TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI
Para siswa SMP Muhammdyah 4 Surabaya di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (21/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com,  Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gembleng 63 siswa-siswi barunya agar bermental wirausaha, SMP Muhammadiyah 4 Surabaya gelar ‘Creativepreneur Day’ di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (21/7/2019).

‘Creativepreneur Day’ itu merupakan satu diantara rentetan agenda penerimaan siswa-siswi baru yang lazim digelar oleh pendidikan Muhammadyah dengan istilah Forum Orientasi Ta’aruf Siswa (Fortasi).

Para siswa dibagi kedalam 6 kelompok, lalu berkeliling di kawasan sekitar taman untuk menjajakan beragam olahan makanan dan minuman yang dibuatnya.

para siswa SMP Muhammdiyah 4 Surabaya saat menajajakan makaan dan minuman keapda para pengunjung Taman Bungkul Surabaya, Minggu (21/7/2019)
para siswa SMP Muhammdiyah 4 Surabaya saat menajajakan makaan dan minuman keapda para pengunjung Taman Bungkul Surabaya, Minggu (21/7/2019) (TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI)

SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Sisipkan Materi Kewirausahaan di Acara Creativepreneur Saat Fortasi

Tujuannya, menanamkan mental kreatif, mandiri, dan berani dalam diri para siswa-siswi dalam yang baru saja menginjak sekolah menengah pertama.

Sekaligus memberi pengalaman dan pengatahuan pada keterampilan untuk beriwausaha.  

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Asep Saputro mengungkapkan, kedepan pihaknya telah menyiapkan program pengembangan kerterampilan wirusaha siswanya secara berkala.

Sekali dalam setiap bulan, rencananya bakal mengadakan Creativepreneur Day di dalam lingkungan sekolah SMP Muhammadyah 4 Surabaya.

“Kami sudah siapkan konsep itu. Yakni tiap satu bulan sekali, anak-anak akan kami ajak berjualan seperti ini di sekolah,” ungkapnya saat ditemui Tribunjatim.com di sisi utara Taman Bungkul Surabaya, Minggu (21/7/2019).

SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Tantang Siswa Baru Dagang Makanan, Ajarkan Ilmu Rasulullah SAW

Ia mengaku optimis dengan rencana tersebut, mengingat di kesekolah yang dipimpinnya saat ini, ada kegiatan prakarya yang berorientasi pada Tataboga.

“Jadi anak-anak akan mengolah produk disitu, dan akan dijual oleh mereka di tiap bulannya,” ujarnya.

“Kadang kauita bisa bikin, tapi kita gak bisa menjualnya. Menawarkan pada orang ‘Pak apakah mau’, itukan bukan suatu hal yang mudah bagi anak, apalagi masih kecil,” lanjutnya.

Melalui agenda bulanan itu, Asep berharap mental kreatif, mandiri dan berani pada para siswa siswinya makin terasah.

“Mamang kalau dilihat sekarang, mungkin gak bisa, tapi pengalaman ini akan berguna dan dapat dimanfaatkan entah ketika SMA atau kuliah, atau di kampus,” tandasnya.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved