Pergelaran Duta Seni Budaya Kabupaten Nganjuk ’Wayang Timplong’ Dimanakah Kamu?

Tak semua orang mengenal Wayang Timplong. Bahkan warga Nganjuk sendiri sebagian tak tahu kesenian asli Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini.

Pergelaran Duta Seni Budaya Kabupaten Nganjuk ’Wayang Timplong’ Dimanakah Kamu?
istimewa
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, S.Sos., M.M memberi ucapan selamat kepada para duta seni budaya Kabupaten Nganjuk, usai pergeleran mereka di acara Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur, di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (21/07/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Tak semua orang mengenal Wayang Timplong. Bahkan warga Nganjuk sendiri sebagian tak tahu kesenian asli Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini. Padahal Wayang Timplong merupakan kesenian asli leluhur mereka.

Kesenian ini menjadi satu dari sekian jenis wayang yang eksis dalam khazanah seni budaya di Nusantara.

Wayang khas Nganjuk ini unik. Badannya terbuat dari kayu pahatan.

Tangannya terbuat dari kulit. Kisah-kisah cerita yang dimainkan pun berkisar sejarah di pulau Jawa. Berbeda dengan wayang Purwa pada umumnya yang menceritakan kisah Mahabarata dan Ramayana.

Lakon Wayang Timplong justru asli khas nusantara; Indonesia. Ceritanya bersumber dari masa Jawa periode klasik, atau yang dikenal dengan cerita ’Panji’.

Isinya mengenai kepahlawanan dan cinta terkait dengan tokoh utamanya, Raden Inu Kertapati (Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (Galuh Candrakirana).

Namun sayangnya cerita Panji juga banyak dilupakan. Bahkan banyak orang tidak tahu. Padahal cerita ’Panji’, adalah karya sastra dan budaya Indonesia yang pengaruhnya hingga ke luar negeri.

Menyebar ke seluruh jazirah Nusantara; Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Beruntung pemerintah Kabupaten Nganjuk mengangkat keberadaan Wayang Timplong ini ke dalam konten tarian. Karya ini dipersembahkan pada acara Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur, di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (21/07/2019).

Jamal Preman Pensiun Ditangkap Polisi, Curhat pada Kuasa Hukum soal Beban Kerja hingga Kenal Narkoba

Nunung Bom Waktu yang Meledak, Cerita Keluarga Polo Soal Primadona Srimulat: Tahu Semua Belangnya

Pengusaha Bawang Goreng di Taman ini Gemar Kosumsi Sabu, Polsek Waru Meringkusnya

Walau bukan kesenian wayang aslinya, tarian ’Timplong’ tersebut setidaknya dapat menjadi media penyampai dan ingatan terhadap eksistensi seni wayang kayu khas Kabupaten Nganjuk yang lapuk termakan zaman.

Halaman
123
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved