Harga Garam Anjlok, Gubernur Khofifah Minta Data Nasional Khusus Garam Demi Hindari Impor Berlebih

Petani garam di Jawa Timura beberapa waktu ini mengeluhkan harga garam yang anjlok. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mulai bergerak.

Harga Garam Anjlok, Gubernur Khofifah Minta Data Nasional Khusus Garam Demi Hindari Impor Berlebih
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Khofifah meninjau lahan garam petani di Desa Apaan Kecamatan Pengarengan Kabupaten Sampang, Senin (22/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Petani garam di Jawa Timur, khususnya di Madura beberapa waktu ini mengeluh soal harga garam yang begitu anjlok. 

Impor garam disebut menjadi satu penyebab besarnya. untuk itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mulai bergerak.

Gubernur Khofifah mengajak sektor strategis untuk menyatukan data khusus untuk produksi dan kebutuhan garam di Jawa Timur dan nasional.

Hal ini untuk melindungi para petani garam di Jawa Timur agar konsumsi impor garam di lingkup industri tidak melebihi dari kapasitas produksi yang bisa dilakukan oleh petani lokal.

(Gubernur Khofifah Rumuskan 3 Solusi Strategis Buat Atasi Harga Garam yang Anjlok, Ini Rinciannya!)

Hal ini dipaparkan Gubernur Khofifah saat meninjau lahan garam petani di Desa Apaan Kecamatan Pengarengan Kabupaten Sampang, Senin (22/7/2019).

"Untuk referensi Kementerian Perdagangan, dunia usaha, petani garam, dan juga pemerintah. Karena ada beberapa provinsi yang memiliki lahan garam yang strategis. Kita harus punya data tunggal yang klir," ucap Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menyebut, berdasarkan data dari PT Garam, kebutuhan garam nasional Indonesia ada sebanyak 4,5 juta ton per tahun.

Sedangkan kapasitas produksi garam nasional sebesar 2,7 juta ton per tahun. Artinya ada sebanyak 1,3 juta ton per tahun kebutuhan garam yang belum terpenuhi.

"Kalau kita punya stok nasional berapa, maka impornya harus disesuaikan dengan kita punya produksi berapa. jangan lebih dari selisih kemampuan produksi dengan kebutuhan kita," Gubernur Khofifah.

(Aktivis PMII Unitomo Demo DPRD Jatim Terkait Harga Garam, Tabur Garam dan Tabur Bunga)

Menurut Gubernur Khofifah, harga garam produksi petani jawa timur bisa anjlok lantaran terjadi over supply garam.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved