Puluhan Artis Lokal Kediri Tertipu Sinetron Sajadah Cinta, Dijanjikan Tayang di TV Nasional

Sekitar 25 "artis lokal" Kediri tertipu syuting Sinetron Sajadah Cinta yang dijanjikan bakal tayang di dua stasiun TV nasional di Jakarta

Puluhan Artis Lokal Kediri Tertipu Sinetron Sajadah Cinta, Dijanjikan Tayang di TV Nasional
(Surya/Didik Mashudi)
Polres Kediri Kota menggelar ungkap kasus penipuan berkedok syuting serial sinetron TV Sajadah Cinta di Ruang Rupatama, Senin (29/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sekitar 25 "artis lokal" Kediri tertipu syuting Sinetron Sajadah Cinta yang dijanjikan bakal tayang di dua stasiun TV nasional di Jakarta. Penipuan ini mengakibatkan korban rugi sampai ratusan juta.

Kasus penipuan yang melibatkan tersangka Robby Sudarsono alias Bang Jay (52) kru film warga Jalan Letjen Marsaid, Kelurahan Marga Ayu, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi dijebloskan sel tahanan Polres Kediri Kota, Senin (29/7/2019).

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menjelaskan, kasus penipuan berkedok rekaman pembuatan serial sinetron ini mengakibatkan Purwanto (43), perangkat Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri bersama dengan belasan rekannya dirugikan sampai ratusan juta.

Kasus ini bermula dari rayuan Robby Sudarsono alias Bang Jay yang mengaku dari sutradara PT Jas Production mencari artis lokal Kediri untuk kebutuhan syuting sinetron Sajadah Cinta. Untuk menyakinkan para korbannya, pelaku mengaku telah bekerja sama dengan dua stasiun TV nasional.

Para artis lokal ini tertarik karena tayangan sinetronya bakal disiarkan oleh dua stasiun TV nasional.

"Para korban semua dijadikan menjadi pemeran utama sinetron," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Kasus Pembacokan Diduga Selingkuhan di Waru Sidoarjo, Pembantu Teriak Minta Tolong

Sesuai dengan Keinginan Pasar, 530 Unit Rumah di Taman Pondok Legi Waru Sidoarjo Sold Out

PW GP Ansor Jatim Sinergikan Bidang Sosial dan Vokasi dengan Pemprov Jawa Timur

Untuk merekrut artis lokal, pelaku bekerja sama dengan agensi modeling Susni Purwanti alias Bunda Susi melakukan casting calon artis dengan biaya pendaftaran Rp 150.000 per orang.

"Korbannya mayoritas warga Kediri dan sekitarnya," tambahnya.

Selanjutnya calon artis yang lulus casting setiap pemeran kembali dimintai uang dengan jumlah yang bervariasi. Untuk tayangan sinetron 7 episode biayanya Rp 1,5 juta, 10 episode Rp 5 juta, 30 episode Rp 10 juta dan no limit episode Rp 20 juta.

Pada awalnya pendaftaran casting Sinetron Sajadah Cinta berjumlah 25 orang. Uang yang terkumpul melalui Bunda Susi mencapai Rp 102 juta. Dari jumlah tersebut selaku agensi model Bunda Susi mendapatka fee 30 persen. Belakangan kerja sama dengan Bunda Susi putus dan pelaku mengkoordinir sendiri pembayaran para artis lokal.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved