Fokuskan Usaha Pada Layanan Custom, Produk Ready Stok Sebagai Referensi Pembeli

Memulai bisnis dengan menyisihkan 10 persen gajinya sebagai customer service. Costumpouch_id mengaku, kini omzetnya berada di kisaran satu sampai tuju

Fokuskan Usaha Pada Layanan Custom, Produk Ready Stok Sebagai Referensi Pembeli
hefty Suud/Tribunjatim.com
Azza, founder Custompouch_id, menjukkan sling bag pouch dan pouch buatannya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Memulai bisnis dengan menyisihkan 10 persen gajinya sebagai customer service. Costumpouch_id mengaku, kini omzetnya berada di kisaran satu sampai tujuh juta rupiah.

Hal itu disampaikan oleh foundernya, Nur Rahmaningtyas atau yang akrab disapa Azza, ditemui Rabu (31/7/2019).

Sistem penjualan produknya banyak dilakukan melalui instagram. Beberapa customer yang menginginkan free ongkir, disarankan Azza untuk membeli produknya melalui e market place, Shopee.

Costumpouch_id dipaparkan Azza fokus pada layanan custom untuk produk-produknya, yang memiliki banyak penggemar setia adalah pouch dan totebag. Namun karena memasarkan produk secara online, memiliki produk ready stok disebutnya sangat penting.

"Produk ready stok ini saya buat sebagai refererensi untuk customer. Saya punya ready stok pouch standart ukuran 18 cmx16 cm, totebagnya ukuran 40 cm x 35 cm," papar perempuan asli Surabaya ini.

Mulai Usaha dari Hobi, Berinovasi dengan Trial and Error

Sudah Punya Lima Istri, Pria di Lumajang Tega Nodai Anak Kandungnya Selama 5 tahun

Madura United Vs PSS Sleman, Gol Irkham Zahrul Bawa Madura United Tertinggal, Skor Sementara 0-1

Dengan begitu, imbuhnya, proses pengerjaan akan lebih cepat. Apabila ada pesanan masuk, ia hanya perlu mengerjakan hand lettering dan doodling art saja.

Produknya sudah siap sedia. Untuk menjahit produknya, Azza mengaku telag bekerja sama dengan dua orang penjahit dekat kediamannya.

Proses doodling dan hand lettering artnya dilakukan oleh dua orang juga, termasuk dirinya sendiri.

"Kalau dulu semua saya sendiri. Mulai dari jahit tas, gambar, packing, sampai kirim," papar ibu satu putra itu.

Azza pun mengaku akan merekrut seorang lagi untuk memproduksi konten di akun instagram Custompouch_id. Kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, dirasa membuatnya perlu seseorang yang bisa lebih fokus mengurus sosial media.

"Sangat penting dan ngaruh sih menurutku. Tapi kita harus punya konten yang betul-betul, caption itu kan nggak bisa sembarangan, kita juga perlu pikirkan tagar yang memudahkan orang menuju ke jualan kita," ujar perempuan kelahiran Desember 1991 itu.

Untuk mengisi instagram Custompouch_id, Azza mengaku banyak berdiskusi dengan sang suami, Mahesa Nugraha.

"Pada 2016 yang membuat saya akhirnya bikin instagram khusus untuk usaha ini ya suami, karena orderan sudah mulai banyak, kayak dari 5 jadi 15 gitu perbulan. Awalnya, saya share produk ini di instagram pribadi," ujar Azza.

Mahesa pun disebut Azza banyak membantu dalam strategi pemasaran produk Custompouch_id.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved