Penyebab Kebakaran yang Hanguskan Pasar Anom Baru, 'Satu Pemilik Toko Kena Pasal'

Penyebab kebakaran yang menghabiskan Pasar Anom Baru Sumenep beberapa waktu lalu akhirnya bisa diungkap Tim Labfor Polda Jatim.

Penyebab Kebakaran yang Hanguskan Pasar Anom Baru, 'Satu Pemilik Toko Kena Pasal'
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDS SYAHBANA
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim saat melakukan penyidikan beberapa waktu lalu di Pasar Anom Baru Blok A Sumenep. 

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Penyebab kebakaran yang menghabiskan Pasar Anom Baru Sumenep beberapa waktu lalu akhirnya bisa diungkap  Polda Jatim.

Polda Jatim mendatangkan pasukan Tim Laboratorium Forensik, Labfor Polda  Jatim yang baru saja menyelesaikan penyelidikannya.

"Penyebab titik api timbulnya dari toko Sahabat," kata Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP Tego S Marwoto saat ditanya TribunMadura.com, Kamis (1/8/2019).

AKP Tego S Marwoto memaparkan bahwa, percikan api berasal dari kabel listrik dari toko Sahabat yang terdapat instalasi listrik tidak menggunakan standar SNI.

(Hasil Labfor Polda Jatim Keluar, BPRS Bhakti Sumekar Dipanggil Terkait Kebakaran Pasar Anom Baru)

"Menurut keterangannya bukan kabel SNI, tapi kabel kecil saat dialiri aliran listrik lebih besar tidak bisa menampung aliran, sehingga timbul percikan api," kata AKP Tego S Marwoto.

"Maka yang harus bertanggung jawab ya pemilik toko, dikenakan pasal 178 KUHP," tambahnya.

Atas peristiwa tersebut lanjutnya, pemilik toko tidak menggunakan instalasi resmi dari pihak PLN.

"Kalau penyewa instalasinya resmi, dia (pemilik toko) menambahkan sendiri, merangkai sendiri dengan kabel yang tidak SNI gitu, coba kalau menggunakan kabel SNI pasti dia aman, tidak akan terjadi apa-apa," sebutnya.

Diketahui sebelumnya, terbakarnya 5 kios yang menghadap ke arah timur di sisi utara Pasar Anom Baru Sumenep pada Jumat, (3/5/2019) lalu sekitar pukul 17.10 WIB waktu kejadian.

Reporter: TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

(Hasil Labfor Polda Jatim Keluar, BPRS Bhakti Sumekar Dipanggil Terkait Kebakaran Pasar Anom Baru)

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved