Kontingen Lombok Tengah Kampanyekan Lombok Aman dan Lombok Bangkit

sekitar 100 orang perwakilan dari Kabupaten Lombok Tengah berparade di 'central runway' Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI)

Kontingen Lombok Tengah Kampanyekan Lombok Aman dan Lombok Bangkit
sri wahyunik/surya
Kontingen dari Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat di Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) 2019 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sambil berkampanye melalui tagline Lombok Bangkit dan Lombok Aman, sekitar 100 orang perwakilan dari Kabupaten Lombok Tengah berparade di 'central runway' Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) 2019 di Jl Sudarman Kabuaten Jember, Sabtu (3/8/2019).

Seratusan orang itu merupakan kontingen dari Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Tastura Fashion Carnival dan Pemda Lombok Tengah.

Mereka satu dari delapan kontingen yang tampil di WACI 2019. Kontingen Lombok Tengah menyuguhkan beberapa adat dan ritual dari NTB yakni tradisi Nyongkolan, Peresean, juga Tari Gandrung, dan Gendang Baliq (besar. Gendang Baliq mengiringi tarian yang disuguhkan yakni Tari Gandrung Lombok, juga tradisi Peresean, atraksi btarung tradisional memakai rotan. Sedangkan Nyongkolan merupakan salah satu tahapan di tradisi pernikahan adat di Lombok.

"Kami ingin menampilkan budaya, adat, dan tradisi Lombok. Kalau karnaval tahunan kami ada Tastura Fashion Carnival. Dengan ikut karnaval seperti WACI ini sekaligus kampanye kami pasca gempa kemarin (gempa bumi NTB 2018). Kami ingin katakan pada masyarakat bahwa Lombok aman dan kami bangkit," ujar Jaya Peh, Kru Kontingen Lombok Tengah kepada Surya.

Melalui ajang karnaval itu, kontingen Lombok Tengah menyuarakan jika Lombok atau NTB aman untuk dikunjungi, dan selalu siap menyambut wisatawan.

Hari Jadi Kota Kediri Dimeriahkan Rolling Thunder dan Parade Mobil Hias

Hari ini, Cinta Laura dan Frederika Alexis Cull Ramaikan Jember Fashion Carnaval

Risma Tanggapi Cuitan Anggota TGUPP DKI Jakarta, Simak Reaksinya Saat Ditanyai Akan ke Langkah Hukum

"Karenanya kami memakai tagline #LombokAman dan #Lombok Bangkit," imbuhnya kepada Tribunjatim.com
.

Jaya menuturkan ada sekitar 100 orang yang tampil dari Lombok Tengah di pagelaran WACI 2019. Selain para talent dari Tastura Fashion Carnival, dan seniman, ada juga perwakilan dari guru-guru yang memakai pakaian adat NTB.

Penampilan kontingen Lombok Tengah, NTB menyedot perhatian pengunjung WACI 2019. Pengunjung seakan turut larut dalam kerancakan musik yang dihasilkan dari gendang baliq Lombok.

WACI merupakan karnaval yang digelar oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) yang dihelat di rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC). Karenanya karnaval WACI selalu digelar di Kabupaten Jember. Karnaval ini menjadi etalase budaya kreatif dari peserta yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved