Duta Seni Kabupaten Kediri Tampilkan Kearifan Lokal Lewat Cerita Panji

pagelaran Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur 2019, grup kesenian dari Kabupaten Kediri menampilkan karya kesenian bertemakan Panji.

Duta Seni Kabupaten Kediri Tampilkan Kearifan Lokal Lewat Cerita Panji
istimewa
Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Yuli Marwantoko, SE, MM, menyerahkan cenderamata berupa replika wayang kepada Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengelolaan Anjungan Badan Penghubung Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Samad Widodo, SS, MM, di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia (TMII), Jakarta, Minggu (04/08/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Kediri dikenal sebagai ’punjer’ (pusat; inti) legenda Panji. Bumi Panji yang berhasil menyatukan wilayah Nusantara sejak masa kejayaan kerajaan Majapahit.

Oleh sebab itu, pada pagelaran Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur 2019, grup kesenian dari Kabupaten Kediri menampilkan karya kesenian bertemakan Panji.

Dengan tema ’Kediri Bumi Panji Amestuti Budoyo Leluhur Angesthi Misuwur’ memiliki makna dan arti yang menjadi bagian dari ciri khas kekayaan seni dan budaya Kediri.

“Berpondasikan budaya penuh filosofi, bertujuan melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Panji yang kaya estetika dan etika. Mencetak generasi berbudi luhur dan berkarakter, demi mencapai kemakmuran bumi Panji Kabupaten Kediri yang damai, ayem tentrem, gemah ripah loh jinawi, ” ujar Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Yuli Marwantoko, SE, MM, menyampaikan sambutan, di pentas acara di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia (TMII), Jakarta, Minggu (04/08/2019).

Selain kesenian, Kabupaten Kediri juga menampilkan, memamerkan, dan menjual berbagai produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang langsung dibawa dari Kabupaten Kediri. Melibatkan berbagai unsur kedinasan, antara lain Dinas Purbakala, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan UMKM Binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri.

”Bolak balik menyang Kediri, nanging ora bakal boseni, Monggo tindak Kediri, ke Kediri dan Kediri lagi,” ujar Yuli berpromosi.

Turut menyaksikan pergelaran ini Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengelolaan Anjungan Badan Penghubung Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Samad Widodo, SS, MM, Kepala Bakorwil I Madiun, Dr. Gatot Gunarso, Ketua Paguyuban Sanyuri, Edy Sumarsono, serta para pengurus Pawarta Jatim, dan jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Kediri.

Budaya Panji Menjadi Ikon Kediri
Duta Seni Kabupaten Kediri menampilkan berbagai ragam repertoar.

Penampilan mereka terlebih dulu diawali dengan munajat; doa; hastungkara mantra suci. Persembahan ini menggambarkan bersatunya (akulturasi) budaya Islam dan budaya sebelumnya. Percampuran kebudayaan ini kemudian diserap menjadi pandangan, pemikiran, amalgamasi, falsafah hidup, dan budaya Nusantara.

Simaklah mantra hastungkara yang mereka tampilkan.

Halaman
123
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved