'Trotoar Blitar Festival' Ajang Pamerkan Kreasi Batik Khas Kabupaten Blitar

Suasana kantor Bupati Blitar di Kanigoro terlihat meriah, Sabtu (3/8/2019) malam. Lampu warna-warni menghiasi halaman kantor.

'Trotoar Blitar Festival' Ajang Pamerkan Kreasi Batik Khas Kabupaten Blitar
Surya/samsul hadi
Penampilan sejumkah model mememarkan kreasi busana batik di acara Trotoar Blitar Festival di depan kantor Bupati Blitar, Kanigoro, Sabtu (3/8/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Suasana kantor Bupati Blitar di Kanigoro terlihat meriah, Sabtu (3/8/2019) malam. Lampu warna-warni menghiasi halaman kantor.

Jalan raya persis di depan kantor Bupati juga ditutup total. Karpet merah dibeber di atas aspal jalan. Lampu sorot juga menghiasi jalan raya. Panggung mini berdiri di depan pintu masuk sisi timur kantor.

Sejumlah masyarakat berdiri bergerombol memadati jalan raya di sisi timur dan sisi barat depan kantor Bupati. Mereka ingin menyaksikan acara Trotoar Blitar Festival yang diselenggarakan Pemkab Blitar malam itu.

Trotar Blitar Festival merupakan rangkaian acara memperingati hari jadi ke-695 Kabupaten Blitar. Acara itu merupakan ajang memamerkan kreasi batik tutur khas Blitar.

Acara fashion show batik memang dikonsep berbeda. Jalan raya dan trotoar dijadikan catwalk bagi para model. Mereka berjalan lenggak-lenggok di atas jalan raya dan di atas trotoar di depan kantor Bupati.

Bukan hanya model, sejumlah camat dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga ikut memamerkan busana batik khas Blitar di acara itu. Mereka mengenakan pakaian batik yang didesain formal.

Para camat dan kepala OPD yang pertama kali memamerkan busana batik khas Blitar. Dari lapangan depan kantor Bupati mereka berjalan menuju ke jalan raya. Mereka sempat berjalan lenggak-lenggok sebentar di bawah patung Bung Karno di depan kantor Bupati.

Setelah itu, mereka berjalan menuju ke kursi tamu undangan yang ada di seberang kantor Bupati. Suasana tampak meriah dengan diiringi musik dan tepuk tangan penonton.

Setelah camat dan kepala OPD, giliran para model memamerkan busana batik. Busana batik yang dipakai para model merupakan hasil kreasi sejumlah desainer asal Blitar.

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull Tampil di JFC-18

Dengan iringan musik dan permainan lampu sorot, para model terlihat berjalan lenggak-lenggok memamerkan kreasi busana batik di jalan raya dan di atas trotoar. Para model perempuan terlihat cantik dengan balutan busana batik.

Usai acara fashion show batik, digelar acara penyambutan kedatangan rombongan Kirab Hurub Hambangun Praja. Rombongan kirab berjalan mulai dari kantor DPRD Kabupaten Blitar menuju pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja.
Kemudian dilanjutkan dengan parade mobil hias, tarian Mubeng Blitar dan juga perform dari artis-artis lokal.

Bupati Blitar, Rijanto mengatakan event Trotoar Blitar Festival ini adalah salah satu ekspresi kebangkitan industri kreatif di Kabupaten Blitar. Event ini memiliki ciri khas memakai trotoar sebagai panggung untuk memperagakan batik karya anak-anak Blitar.

Rijanto berharap acara ini menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan Pemkab Blitar tiap tanggal 3 Agustus. Dia juga berharap, ke depan, festival ini akan menarik minat pembatik dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

"Festival ini kedepan kami beri nama Blitar Palah Festival. Harapan kami tak hanya dari Kabupaten Blitar namun juga menarik peserta dari luar daerah Blitar bahkan dari mancanegara," kata Rijanto. (sha/kmf/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved