Bingung Seusai Temukan Dompet Rp 900 Ribu, 4 Bocah SMP Blitar Kembalikan ke Pemilik, Ini Alasannya

Bingung Seusai Temukan Dompet Rp 900 Ribu, 4 Bocah SMP Blitar Kembalikan ke Pemilik, Ini Alasannya.

Bingung Seusai Temukan Dompet Rp 900 Ribu, 4 Bocah SMP Blitar Kembalikan ke Pemilik, Ini Alasannya
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Keempat bocah SMP di Kota Blitar yang mendadak viral di media sosial setelah mengembalikan temuan dompet berisi uang ke pemiliknya saat ditemui, Kamis (8/8/2019) 

Bingung Seusai Temukan Dompet Rp 900 Ribu, 4 Bocah SMP Blitar Kembalikan ke Pemilik, Ini Alasannya

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Alasan Travis Hemar Borneo (14), mengembalikan dompet berisi uang Rp 900.000 yang ditemukan di pinggir jalan ke pemiliknya karena takut dosa. Dia sadar uang dan barang-barang yang ditemukan itu bukan haknya.

"Saya takut dosa, barang-barang itu bukan milik saya. Pemiliknya juga pasti bingung setelah kehilangan barang-barang itu. Saat kami kembalikan, pemiliknya sempat menangis karena terharu," kata Travis, ditemui, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan TMMD di Blitar Ditutup, TNI Minta Masyarakat Ikut Merawat Hasil Pembangunan

Heboh di FB, 4 Bocah SMP Kembalikan Dompet Isi Rp 900 Ribu Ngonthel ke Rumah Pemilik Jaraknya 5 Km

Geger Mayat Wanita Tergeletak di Sungai Blitar, Warga Sempat Lihat Korban Mondar-mandir di Lokasi

Akhirnya, Travis bersama tiga temannya, Hevrian Cahya Putra Pratama (12), Nur Hamid Hidayat (13), dan Gatan Mahendra (12) mengembalikan barang-barang itu ke pemiliknya. Aksi mereka mengembalikan barang-barang temuan ke pemiliknya itu kemudian viral di media sosial.

"Kami tidak tahu waktu difoto pemilik rumah. Kami baru tahu setelah foto itu diposting ke Facebook dan viral," ujarnya.

Sama seperti Travis, Havrian Cahya Putra Pratama juga takut dosa kalau tidak mengembalikan barang-barang yang ditemukan itu ke pemiliknya. Makanya, Ryan, panggilannya juga mengusulkan agar barang-barang yang ditemukan itu dikembalikan ke pemiliknya.

"Kami sempat udur-uduran (berdebat), antara dikembalikan atau tidak. Akhirnya saya dan Travis sepakat untuk dikembalikan ke pemiliknya. Teman yang lain akhirnya juga setuju" ujarnya.

Setelah mengembalikan, keempat bocah itu mendapat imbalan uang Rp 150.000 dari pemilik barang. Mereka memakai sebagian uang imbalan itu untuk membeli jajan ketika perjalanan pulang dari pemilik barang.

"Sebagian lagi uangnya kami bagi berempat. Uangnya kami tabung," katanya.

Ayah Ryan, Agung Cahyono mengaku ikut bangga dengan sikap anaknya dan teman-teman anaknya. Menurutnya, para bocah itu memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka juga masih memegang sikap kejujuran saat bergaul di masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved