Desa Condro Lumajang Miliki Destinasi Wisata Baru, Ada Gua Jepang

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meresmikan obyek wisata baru, "Taman Wisata Tambuh Raya Idaman," Desa Condro

Desa Condro Lumajang Miliki Destinasi Wisata Baru, Ada Gua Jepang
humas/Lumajang
destinasi wisata desa condro dan peresmian oleh Bupati Lumajang 

 TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meresmikan obyek wisata baru, "Taman Wisata Tambuh Raya Idaman," Desa Condro Kecamatan Pasirian, Lumajang, Rabu (7/8/2019).

Peresmian itu dilakukan berbarengan dengan puncak Peringtan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019.

Obyek wisata yang berada di Kaki Gunung Tambuh Pasirian itu, menambah jumlah daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang.

Di lokasi obyek wisata tersebut, ada tempat bermain untuk anak-anak, juga ada panorama alam di sekitar "Gua Jepang". Posisi Gua Jepang berada disisi Timur Gunung Tambuh.

Taman Wisata Tambuh Raya Idaman merupakan inisiasi dari Pemerintah Desa setempat. Dalam sambutannya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Condro yang mengubah Tanah Kas Desa (TKD) menjadi tempat wisata.

Daftar Harga Motor Bebek Agustus 2019: Honda, Yamaha dan Suzuki Mulai Rp 14 Jutaan

Korban Penipuan Biro Haji Abal-Abal, Calon Jemaah Dapat Seragam Batik Tapi Tanpa Koper Resmi

Jalankan Putusan MK, KPU Surabaya Siap Hitung Ulang Suara di Tiga TPS

"Tempat wisata ini akan menambah tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, banyak potensi yang perlu digali untuk dikembangkan. Saya berharap keberadaan tempat wisata baru ini bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Sementara itu, Kepala Desa Condro Supirno, mengungkapkan, tempat wisata Tambuh Raya Idaman Desa Condro dibangun di atas lahan tanah kas desa seluas 4 hektar lebih. Lahan tersebut awalnya merupakan sawah tadah hujan, sehingga produktifitasnya rendah. Pemerintah Desa Condro melakukan alih fungsi lahan menjadi tempat wisata.

"Diharapkan, ini akan mampu meningkatkan pendapatan asli desa," ujar Supirno kepada Tribunjatim.com.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lumajang sebelum membangun obyek wisata tersebut. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved