Komandan Puspenerbal Disematkan Lencana Pancawarsa, Ajak Generasi Muda Ikuti Gerakan Pramuka

Komandan Puspenerbal Juanda resmi disematkan Lencana Pramuka Pancawarsa.

Komandan Puspenerbal Disematkan Lencana Pancawarsa, Ajak Generasi Muda Ikuti Gerakan Pramuka
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Komandan Puspenerbal Juanda, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han saat disematkan Lencana Pancawarsa, Kamis (8/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Komandan Puspenerbal Juanda resmi disematkan Lencana Pramuka Pancawarsa.

Penyematan lencana tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Pramuka Kwarda Jatim Drs. H. AR Purmadi. Dan bertempat di Kantor Gerakan Pramuka Kwarda Jatim.

Wakil Ketua Pramuka Kwarda Jatim Drs. H. AR Purmadi mengatakan Lencana Pancawarsa dianugrahkan kepada Komandan Puspenerbal dalam menyongsong hari jadi Pramuka ke 58 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2019.

"Merupakan suatu kebanggan bisa menyematkan Lencana Pancawarsa kepada Komandan Puspenerbal. Ke depan kita akan berencana penyematan Lencana Pancawarsa akan dijadikan tradisi lima tahunan, " ujarnya kepada TribunJatim.com, Kamis (8/8/2019).

Empat Pesawat Tempur F 16 Fighting Falcon Jatuhkan 16 Bom dari Langit Kabupaten Situbondo

Ramalan Zodiak Besok Jumat, 9 Agustus 2019: Aquarius Ada Masalah Uang, Libra Diskusi Panas

Ia menjelaskan Lencana Pancawarsa sendiri merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka.

"Penghargaan tersebut diberikan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka. Dengan waktu selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu, Komandan Puspenerbal Juanda, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari mengikuti Gerakan Pramuka khususnya kepada generasi muda.

Pasalnya, di dalam Pramuka akan diajarkan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir.

"Selain memberikan keterampilan pribadi, pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. Tidak hanya itu, pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan," jelasnya.

Ia pun juga mengajak para generasi muda untuk mengikuti Gerakan Pramuka.

"Jiwa pramuka yang cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan dewasa. Oleh karenanya Pramuka sangatlah penting untuk membentuk karakter muda bangsa," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved