KPU Trenggalek: Perhitungan Suara Ulang Perintah MK Selesai Minggu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menargetkan perhitungan suara ulang di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan mulai Sabtu hi

KPU Trenggalek: Perhitungan Suara Ulang Perintah MK Selesai Minggu
SURYA/DAVID YOHANES
Sosialisasi pencoblosan KPU Trenggalek kepada wartawan dan pegiat media sosial. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menargetkan perhitungan suara ulang di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan mulai Sabtu hingga Minggu (10-11/8/2019).

Perhitungan suara ulang itu berdasarkan perintah Mahkamah Konstitusi (MK) pada putusan yang diberikan atas gugatan Patai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

MK memerintahkan perhitungan suara ulang di empat TPS, yakni TPS 04, 12, dan 20 Kelurahan Surodakan, serta TPS 12 Kelurahan Sumbergedong.

Keempat TPS itu berada di wilayah Daerah Pemilihan Dapil I DPRD Kabupaten.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Derita Hadi mengatakan, rencana perhitungan suara ulang bakal dilaksanakan di Hotel Hayam Wuruk.

"Minggu (11/8/2019) harus selesai karena Selasa (13/8/2019) menurut jadwal adalah penetapan," kata Gembong, saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Trenggalek kepada Tribunjatim.com, Kamis (8/8/2019).

Perbedaan Penampilan Mandala Shoji setelah Bebas dari Penjara, Dilarang Istrinya Potong Rambut

Selain Surabaya, KPU Siap Laksanakan Putusan MK untuk Hitung Suara Ulang di Trenggalek

Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan Public Service Of The Year 2019 di Indonesia Marketeers Festival

Perhitungan suara ulang nanti diprediksi hingga dua hari karena besar kemungkinan bakal ada diskusi dengan partai politik yang hadir.

KPU akan mengundang berbagai pihak, antara lain, partai politik, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Bagian Hukum, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Trenggalek, dan media.

"Semua partai kami undang karena meski yang menggugat PDIP, perhitungan suara ulang nanti juga menyangkut semua partai politik," ungkap Gembong kepada Tribunjatim.com.

Putusan MK itu, kata Gembong, juga membatalkan hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Trenggalek secara keseluruhan.

"Nanti hasil perhitungan suara ulang yang menjadi patokan kami yang baru. Dan itu sifatnya sudah final," tambahnya kepada Tribunjatim.com.

Hingga hari ini, KPU Kabupaten Trenggalek mengaku belum menerima hasil putusan resmi dari MK. Informasi yang didapat baru sebatas dari penasehat hukum KPU RI.

Saat ini, KPU Kabupaten Trenggalek baru mengirim tim dari divisi teknis dan hukum untuk konsultasi ke KPU Provinsi Jatim.

"Hari ini kami sudah rapat, layout perhitungan suara ulang nanti seperti apa sudah kami siapkan," tutur dia.

Sebelumnya, gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Anggota DPRD Kabupaten Trenggalek yang dilayangkan PDI Perjuangan berisi perbedaan versi perhitungan suara versi PDIP dan KPU Kabupaten Trenggalek di Daerah Pemilihan I.
Selisih itu jumlahnya kurang dari sepuluh suara. (aflahul abidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved