Perhitungan Suara Ulang di Surabaya dan Trenggalek Dilakukan 10 Agustus, KPU RI Dijadwalkan Hadir

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rencananya akan menyelenggarakan Perhitungan Surat Suara Ulang (PSSU) di Surabaya dan Trenggalek pada Sabtu (10/8/2019).

Perhitungan Suara Ulang di Surabaya dan Trenggalek Dilakukan 10 Agustus, KPU RI Dijadwalkan Hadir
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rencananya akan menyelenggarakan Perhitungan Surat Suara Ulang (PSSU) di Surabaya dan Trenggalek pada Sabtu (10/8/2019).

Perwakilan KPU RI dijadwalkan akan hadir.

"Jumat (9/8/209) kami rapat teknis PSSU. Sedangkan PSSU akan digelar pada Sabtu dengan dihadiri KPU RI," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya, Soeprayitno kepada Surya.co.id (grup TribunJatim.com), Kamis (8/8/2019) ketika dikonfirmasi dari Surabaya.

Jalankan Putusan MK, KPU Surabaya Siap Hitung Ulang Suara di Tiga TPS

Rencananya, proses penghitungan akan dilakukan di kantor KPU Surabaya. Sedangkan panitianya berasal dari jajaran Komisioner KPU.

"Sebab, masa tugas KPPS, PPS dan PPK sudah selesai. Kami juga mengundang Bawaslu, kepolisan, serta stakeholder lain," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam juga menjelaskan proses perhitungan ulang di Trenggalek juga dilakukan di hari yang sama.

"Insha Allah dieksekusi Sabtu," katanya.

Selain Surabaya, KPU Siap Laksanakan Putusan MK untuk Hitung Suara Ulang di Trenggalek

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menjelaskan ada dua daerah di Jawa Timur yang harus melakukan perhitungan surat suara ulang (PSSU).

Berdasarkan putuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), dua daerah tersebut adalah Surabaya dan Trenggalek.

Masing-masing, tiga TPS di Surabaya dan empat TPS di Trenggalek.

"Ada dua (perkara) yang dikabulkan sebagian (oleh MK). Sehingga, KPU di tingkat tersebut harus melakukan Perhitungan Suara Ulang, yakni Kota Surabaya dan Trenggalek," kata Komisioner KPU Jatim, M Arbayanto kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (8/8/2019).

KPU Surabaya Usulkan Anggaran Pilwali Surabaya Senilai 85,2 Miliar

Ketiga TPS di Surabaya adalah TPS 30 dan 31 di Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, serta TPS 50 di Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal.

Sedangkan di Trenggalek, ada di TPS 12 di Desa Sumbergedong, dan TPS 4, 12, 20 di Desa Surondakan.

Desa Sumbergedong dan Surondakan berada di Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek. (Surya/Bobby Koloway)

Ini Respons PDI-P Trenggalek atas Perhitungan Suara Ulang Perintah MK

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved