50 Caleg Terpilih di Surabaya Sudah Ditentukan, KPU Sebut Pelantikan Dilakukan Sebelum 24 Agustus 

KPU Kota Surabaya telah menetapkan 50 Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih DPRD hasil Pemilu 2019.

50 Caleg Terpilih di Surabaya Sudah Ditentukan, KPU Sebut Pelantikan Dilakukan Sebelum 24 Agustus 
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Komisioner KPU Surabaya, Subairi (tengah) dengan Caleg Terpilih Dapil Surabaya II. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KPU Kota Surabaya telah menetapkan 50 Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Kota Surabaya hasil Pemilu 2019.

Penetapan Caleg terpilih DPRD Kota Surabaya tersebut diselenggarakan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Surabaya dalam Pemilu Tahun 2019, Selasa (13/8/2019) di Novotel, Jalan Ngagel, Surabaya.

"Penetapan ini merupakan puncak setelah prosesi pemilu selama 20 bulan, mulai tahapan kampanye pemungutan suara, hitung, rekap hingga Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU)," ucap Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya, Suprayitno, Selasa (13/8/2019).

Hasil Perhitungan Suara Ulang di Trenggalek, PDIP Dapat Tambahan 18 Suara, Tapi Kursi Tak Berubah

Nano, sapaan akrab Suprayitno mengakui penetapan caleg terpilih di Kota Surabaya memang tergolong paling akhir dibandingkan kabupaten kota yang lain.

Hal tersebut karena KPU Surabaya harus menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) serta Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) yang baru selesai Senin (12/8/2019).

PSSU tersebut merupakan tindak lanjut dari amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas permohonan gugatan Caleg DPRD Kota Surabaya dari Partai Golkar, Agoeng Prasodjo kepada KPU Surabaya dengan pihak terkait caleg separtainya yaitu Aan Ainur Rofik.

Hasil Pileg Tulungagung, Nasdem Paling Moncer Tambah 3 Kursi, Hanura Berkurang Paling Banyak

"Setelah ini, pelantikannya yang pasti sebelum tanggal 24 Agustus 2019 karena Anggota DPRD yang saat ini habis masa jabatannya tanggal tersebut," ucap Nano.

"Kita akan koordinasi dengan Bakesbanglinmas, Gubernur Jatim dan Sekretariat DPRD Kota Surabaya. Pelantikannya kalau mengacu periode sebelumnya di gedung DPRD kota Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur," lanjutnya.

Penghitungan Surat Suara Ulang, Kursi Golkar Dapil 4 DPRD Surabaya Berubah untuk Agoeng Prasodjo

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved