Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kota Mojokerto, DLH Langsung Bertindak dan Siapkan Pencegahan

Kepala Bidang Pemulihan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup (Kabid PPKLH), Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto, Erijanto, melakukan penanganan.

Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kota Mojokerto, DLH Langsung Bertindak dan Siapkan Pencegahan
SURYA.CO.ID/FEBRIANTO RAMADANI
Pohon dengan tinggi sekitar 7 Meter roboh di Kota Mojokerto akibat hembusan angin yang kencang, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Kepala Bidang Pemulihan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup (Kabid PPKLH), Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto, Erijanto, akan melakukan beberapa penanganan yang lebih lanjut untuk mencegah banyaknya pohon yang tumbang di Kota Mojokerto.

"Kami akan melakukan pemeriksaan keliling di Kota Mojokerto untuk melihat pohon yang akarnya kurang kuat dan kondisi batang yang keropos dan mudah roboh," kata Erijanto, Selasa (13/8/2019).

Petugas DLH kota Mojokerto sedang membersihkan batang pohon yang tumbang di Jalan Hayam Wuruk, Selasa (13/8/2019)
Petugas DLH kota Mojokerto sedang membersihkan batang pohon yang tumbang di Jalan Hayam Wuruk, Selasa (13/8/2019) (SURYA.CO.ID/FEBRIANTO RAMADANI)

Erijanto menilai, karakteristik pohon yang harus dirapikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto adalah pohon yang memiliki dedaunan yang lebat dan memiliki banyak ranting.

"Kami akan melakukan penebangan dan kami kurangi jumlah ranting pohon yang lebat sekitar dua bulan menjelang musim hujan," kata Erijanto.

BREAKING NEWS - Pohon 7 Meter Roboh di Tengah Jalan Kota Mojokerto, Lalu Lintas Padat Merayap

BREAKING NEWS - Lahan Bambu dan Tumpukan Rongsokan di Trowulan Mojokerto Ludes Terbakar

Erijanto juga menghimbau kepada masyarakat Kota Mojokerto lebih berhati hati ketika meneduh di bawah pohon. Terutama, saat hembusan angin kencang.

"Jangan mendirikan bangunan di bawah pohon. Karena akan memperburuk terjadinya tumbang pohon serta menimbulkan jatuhnya korban jiwa," himbaunya.

Masih kata Erijanto, Bila masyarakat kota Mojokerto menemukan pohon yang tumbang atau pohon dengan kondisi batang dan ranting yang lebat. Bisa menghubungi call center DLH.

Tumbangnya pohon di Kota Mojokerto telah terjadi sebanyak dua kali. Selain di Jalan Hayam Wuruk, tumbangnya batang pohon juga terjadi di jalan Wates Kota Mojokerto, Senin (12/8/2019).

Beruntung tumbangnya pohon di jalan Wates kurang lebat bila dibandingkan dengan tumbangnya pohon di jalan Hayam Wuruk.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved