Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Sambut HUT RI ke 74, Warga di Pamekasan Hiasi Kampung dengan Payung Melayang Nuansa Merah Putih

Warga di Pamekasan mulai menghiasi kampungnya dengan nuansa merah putih dalam menyambut HUT RI ke-74.

Sambut HUT RI ke 74, Warga di Pamekasan Hiasi Kampung dengan Payung Melayang Nuansa Merah Putih
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana berbagai macam pernak-pernik bernuansa merah putih yang berada di Dusun Sek-gersek, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Senin (12/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MADURA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, antusiasme warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menyambut hari besar nasional begitu semarak dan beragam.

Kesemarakan itu, masyarakat Pamekasan lakukan dengan memasang atribut bendera dan hiasan berwarna merah putih dengan beragam pernak-pernik lainnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pemuda di Dusun Sek-gersek, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan.

Sejumlah pemuda itu kompak membangun gapura dan menghiasi lingkungannya dengan nuansa merah putih.

Sambut HUT RI ke-74, Golden Tulip Legacy Surabaya Luncurkan Smoothie & Ice Cream Gelato Merah Putih

Dengan semangat gotong royong yang memang menjadi tradisi masyarakat Indonesia, mereka hiasi gapura di lingkungan mereka dengan pernak-pernik yang unik.

Mulyadi Izhaq mengatakan, ia bersama pemuda yang tergabung dalam komunitas 'Watowah Ajem' membangun sebanyak dua Gapura.

Hal itu sebagai wujud untuk mempercantik wajah dusunnya dan menyemarakkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 74.

"Setelah dilakukan musyawarah bersama, kita semua sepakat untuk membangun Gapura dan menghiasi kampung kami dengan nuasa merah putih," kata Mulyadi Izhaq salah satu pemuda setempat kepada TribunMadura.com (grup TribunJatim.com), Senin (12/8/2019).

Meriahkan Kemerdekaan Indonesia, Rutan Kelas I Medaeng Surabaya Gelar Lomba Karaoke

Dusun yang berada di paling barat kabupaten yang berjuluk bumi Gerbang Salam tersebut tampak begitu asri dan sejuk untuk dilihat.

Di sepanjang jalan terlihat bendera merah putih dan umbul-umbul yang menghiasi sepanjang jalan desa.

Tidak hanya itu, mereka juga kompak mengecat pepohonan dengan warna merah putih sebagai kebanggaan masyarakat Indonesia dan memasang payung melayang sebagai penghias yang unik.

"Meski berada di desa, kita ingin menampakkan pemandangan yang berbeda. Ingin memberikan pemandangan yang cantik terhadap orang-orang yang datang," ujarnya.

HUT Kemerdekaan RI ke 74, Polrestabes Surabaya Gelar Promo SIM Gratis, Begini Syaratnya

"Kami bersama-sama iuran atau patungan untuk membeli cat, umbul-umbul dan bendara merah putih untuk di pasang di jalan," tambahnya.

Selain itu, Mulyadi mengaku, pemasangan berbagai atribut dengan warna khas merah putih itu tidak hanya untuk menghidupkan semangat gotong royong antara anak dusun.

Tetapi, ia ingin menjadikan dusunnya sebagai dusun percontohan bagi desa yang berada di kabupaten Pamekasan dan secara luas untuk masyarakat Madura.

"Semua yang kami lakukan untuk memberikan motivasi terhadap orang-orang desa untuk sama-sama berjuang dan menyemarakkan Dirgahayu republik Indonesia," tandasnya.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Lamongan, Ada Lomba Gerak Jalan dengan Semarak bak Karnaval

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved