BREAKING NEWS: Pemkot Surabaya Larang Plastik Sekali Pakai, Ini 5 Poinnya

Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) keluarkan imbauan resmi untuk tak lagi menggunakan plastik sekali pakai di Kota Surabaya.

BREAKING NEWS: Pemkot Surabaya Larang Plastik Sekali Pakai, Ini 5 Poinnya
SURYA/AHMAD FAISOL
ilustrasi sampah plastik, Pemkot Surabaya terbitkan surat edaran pelarangan plastik sekali pakai 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya)  keluarkan imbauan resmi untuk tak lagi menggunakan plastik sekali pakai di Kota Surabaya.

Surat edaran berisi imbauan bernomor 660.1/7953/436.7. 12/2019, dikeluarkan langsung dan ditandatangani Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Surat itu ditujukan Pemkot Surabaya kepada berbagai OPD di Pemkot Surabaya, perusahaan ritel, restoran hingga pasar di Kota Surabaya.

Surat itu mengacu pada Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 01 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah dan kebersihan di Kota Surabaya.

(Upaya Pemprov Jatim Konversi Sampah Plastik Jadi Listrik, Gandeng Mega Surya Eratama sebagai Mitra)

Adapun 5 poin yang dibahas dalam surat edaran ini.

Pertama, Pemkot Surabaya mengimbau agar seluruh pihak tidak lagi menggunakan bungkus plastik dan styrofoam pada makanan dan minuman.

Kedua Menghindari penggunaan bahan styrofoam serta bahan plastik yang tidak ramah lingkungan untuk wadah dan/atau kemasan

Ketiga diimbau pula agar beralih menggunakan kantong plastik/bioplastik ramah lingkungan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Keempat diimbau pula agar melakukan pemilahan sampah sekurang-kurangnya untuk tiga jenis sampah yaitu sisa makanan, plastik dan kertas.

Sedangkan terakhir yang kelima, yaitu agar dapat mendaur ulang sampah plastik dan kertas.

(Pembakaran Sampah Diduga Penyebab Kebakaran Ilalang Bekas Pabrik Gula di Krian Sidoarjo)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Agus Supiandi mengatakan, surat imbauan itu dikeluarkan Pemerintah Kota Surabaya agar dapat terus mengurangi sampah plastik di Kota Surabaya, dan telah berlaku saat ini.

"Jadi imbauan supaya tidak menggunakan plastik. pelan-pelan bagaimana caranya supaya balik lagi ke jaman dulu," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2019).

(Gudang Hotel Mustika Tuban Berisi Kasur Ludes Terbakar, Diduga Api Pembakaran Sampah Lupa Dimatikan)

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved