Kronologi Tumbangnya Pohon Raksasa di Jolotundo Mojokerto hingga Menimpa Bangunan Foodcourt

Sebatang pohon besar jenis Gondang dengan diameter 60 centimeter menimpa bangunan food court di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Kronologi Tumbangnya Pohon Raksasa di Jolotundo Mojokerto hingga Menimpa Bangunan Foodcourt
SURYA.CO.ID/FEBRIANTO RAMADANI
Proses evakuasi pohon yang tumbang di wisata petirtaan Jolotundo Rabu (14/8/2019) 

TRIBUNMOJOKERTO.COM, TRAWAS - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menjelaskan, pihaknya sudah melakukan evakuasi terhadap pohon jenis Gondang yang terjatuh menimpa bangunan Foodcourt di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

"Berdasarkan pantauan radar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, kecepatan angin sekitar 30-40 km per jam terpantau di wilayah selatan, kami telah melakukan pemotongan pada pohon jenis Gondang," kata Zaini, Rabu (14/8/2019).

"Pohon yang tumbang berjenis Gondang dengan diameter kurang lebih 60 centimeter, tumbang dan menimpa bangunan food court atau rest area milik Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)," Imbuh Zaini.

Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kota Mojokerto, DLH Langsung Bertindak dan Siapkan Pencegahan

BREAKING NEWS - Pohon 7 Meter Roboh di Tengah Jalan Kota Mojokerto, Lalu Lintas Padat Merayap

Muhammad Zaini juga menjelaskan, hanya satu bangunan yang tertimpa oleh pohon tersebut. Beruntung, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban yang mengalami luka luka.

Sebatang pohon raksasa jenis Gondang Tumbang dan Menimpa Bangunan Foodcourt, Selasa (13/8/2019)
Sebatang pohon raksasa jenis Gondang Tumbang dan Menimpa Bangunan Foodcourt, Selasa (13/8/2019) (SURYA.CO.ID/FEBRIANTO RAMADANI)

Sekadar informasi, sebatang pohon besar jenis Gondang dengan diameter 60 centimeter menimpa bangunan food court di Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto Selasa (13/8/2019) pukul 08.20 WIB.

Heru Utomo, koordinator obyek wisata di Jolotundo, mengatakan, hembusan angin kencang yang terjadi di sekitar lokasi menyebabkan pohon besar tersebut tumbang dan jatuh menimpa bangunan food court. 

"Sebelumnya memang ada angin kencang, tadi pagi hembusan angin lebih besar dari kemarin, bahkan ada sedikit hujan pada lima menit yang lalu," ungkapnya, Rabu (14/8/2019).

Heru menambahkan, secara tiba tiba, pohon Gondang tumbang dan menimpa bangunan food court senilai 2,5 miliar rupiah milik Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto. Bangunan tersebut dekat dengan area parkir wisata petirtaan Jolotundo

"Pohon kemudian tumbang sekitar pukul 08.00 Wib. Kondisi Food Court sendiri pembangunannya baru selesai pada akhir tahun 2018 lalu. Belum digunakan juga bangunannya, jadi masih kosong," katanya. 

Dari peristiwa tersebut, lanjut Heru, tidak sampai memakan korban jiwa. Untuk penanganan lebih lanjut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Perhutani, Disparpora, Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto.

Heru menambahkan, kerusakan bangunan foodcourt mencapai 30 persen. Selain itu, jumlah kerugian masih ditanggung oleh pihak pembangunan.

"Bangunan foodcourt belum dilakukan serah terima. Sehingga, sifatnya masih dalam perawatan," imbuhnya. Namun karena belum ada serah terima terkait bangunan food court tersebut sehingga kerugian masih ditanggung pemborongnya dan sifatnya masih dalam perawatan. 

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved