Tunggui Anak Sekolah di PAUD, Emak-emak Lamongan Bangun Rumah Adat dari Daun Pandan

bu-ibu Desa Ardirejo Kecamatan Sambeng Lamongan Jawa Timur sepakat manfaatkan waktu luang menunggu anak-anak sekolah dengan mengolah daun pandan

Tunggui Anak Sekolah di PAUD, Emak-emak Lamongan Bangun Rumah Adat dari Daun Pandan
SURYA/HANIF MANSHURI
Emak-emak Desa Ardirejo Kecamatan Sambeng, Lamongan membuat kerajinan dari daun pandan sambil menunggu anak-anaknya belajar di PAUD pada Rabu (14/8/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Ibu-ibu Desa Ardirejo Kecamatan Sambeng Lamongan Jawa Timur mengakui tak banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama menunggui anak-anaknya sekolah di PAUD dan TK.

Untuk itu, mereka pun sepakat melakukan kegiatan menggunakan daun pandan. 

Waktu senggang sejak anak mereka masuk ruang kelas hingga jam pulang sekolah dimanfaatkan para wali murid untuk berkarya menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi.

Bahan baku daun pandan dipilih karena dinilai banyak berkembang di wilayahnya. daun-daun ini direkayasa sedemikian rupa hingga menjadi beragam kerajinan.

(Cara Bikin Sampul Buku Pakai Kerajinan Bunga Kering Pressed Flower ala Florist ONNI House, Simak!)

"Sambil menunggu anak-anak mereka belajar, ibu-ibu juga bisa menambah penghasilan bagi keluarga," kata Kepala Sekolah kepala sekolah PAUD dan TK Fastabikhul Khoirat, Sri Utami pada Rabu (14/8/2019).

Dialah yang menggagas kegiatan positif para emak-emak ini.

Menurut Sri, daun pandan banyak ditemukan di desa mereka dan selama ini hanya dimanfaatkan warga untuk dijadikan anyaman tikar yang harganya relatif murah.

Biasanya tidak sebanding dengan proses pembuatannya yang memakan waktu lama.

"Daripada hanya menunggui anak-anak mereka tanpa kegiatan, lebih baiknya kalau diisi dengan kegiatan yang membawa manfaat," kata Sri.

Desa Ardirejo memang diklaim merupakan penghasil daun pandan terbesar yang ada di Lamongan dan tidak akan terputus bahan bakunya kapan saja dibutuhkan.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved