3000 PendakI Berangkat untuk Upacara Kemerdekaan RI ke Gunung Penanggungan Mojokerto

H-1 Kemerdekaan RI ke 74, Ribuan pendaki gunung memadati pos pendakian di Tamiajeng, kecamatan Trawas, kabupaten Mojokerto, pada Jumat Sore (16/8/2019

3000 PendakI Berangkat untuk Upacara Kemerdekaan RI ke Gunung Penanggungan Mojokerto
SURYA/Febrianto Ramadani
Ribuan pendaki sedang melakukan registrasi untuk menjadi peserta upacara di puncak Penanggungan, Jumat (16/8/2019) 

TRIBUNMOJOKERTO.COM, TRAWAS - H-1 Kemerdekaan RI ke 74, Ribuan pendaki gunung memadati pos pendakian di Tamiajeng, kecamatan Trawas, kabupaten Mojokerto, pada Jumat Sore (16/8/2019).

Setidaknya ada sekitar 3000 orang yang pendaki yang begitu ingin rayakan HUT Kemerdekaan RI di Puncak gunung Penanggungan dengan ketinggian 1653 mdpl.

Salah satu pendaki gunung asal Sidoarjo, Irawan (18), mengaku, telah mengikuti kegiatan ini sebanyak tiga kali bersama delapan temannya.

"Persiapannya kami membawa alat mendaki, makanan instan, minuman, kompor, gas, pakaian tebal, dan tenda," kata Irawan Jumat (16/8/2019).

(Ada Polisi Dandan ala Presiden Jokowi & Pejuang Kemerdekaan, Salami Orang Mau ke Polres Blitar Kota)

Irwan bersama teman temannya mengaku tak hanya ingin menikmati puncak gunung.

Menurutnya puncak gunung  Penanggungan Mojokerto juga dijadikan lokasi upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 74.

Petugas pos Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Nurul Aini, menghimbau kepada para pendaki tentang keselamatan dan peralatan dalam melakukan aktivitas pendakian.

"Kami berikan arahan soal perbekalan dan juga safety pendaki karena adanya perbedaan suhu baik pada siang dan malam di gunung Penanggungan," himbau Nurul Aini Jumat (16/8/2019).

Jika dibandingkan dengan kegiatan upacara tahun lalu, lanjut Nurul Aini, terdapat jumlah penurunan drastis jumlah pendaki yang melaksanakan upacara tersebut.

"Tahun sebelumnya 5000 pendaki, untuk tahun ini ada 3000 pendaki yang akan mengikuti upacara di Penanggungan. Karena ada kegiatan upacara lain di gunung Welirang dan gunung Pundak," lanjutnya.

(Peringati Hari Kemerdekaan RI, Polisi Sidoarjo Berpakaian ala Pejuang)

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved