Kementan Terus Melakukan Berbagai Upaya Untuk Tingkatkan Nilai Ekspor

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai unit kerjanya tetus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan nilai ekspor.

Kementan Terus Melakukan Berbagai Upaya Untuk Tingkatkan Nilai Ekspor
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto saat menunjukan cabai merah hasil tanam petani Jawa Timur, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai unit kerjanya tetus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan nilai ekspor.

Salah satunya dengan membuat program terobosan Grand Design Hortikultura 2020-2024.

"Program ini mengoptimalkan potensi hortikultura, yang salah satunya melalui pengembangan kawasan," ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto kepada Tribunjatim.com, Jumat (16/8/2019).

Maka itu kata Prihasto Setyanto, pengembangan hortikultura harus ditata sedemikian rupa agar mampu menjawab tantangan dan peluang pasar ekspor dunia.

Prihasto Setyanto menambahkan, Grand Design ini memiliki tujuan jangka panjang, yakni untuk meningkatkan pendapatan petani secara luas.

Mobil88 Surabaya Buka Promo Diskon 17 Juta Rupiah Beli Mobil Bekas Sambut HUT Kemerdekaan RI

Fakta Menarik Film Warkop DKI Reborn 3 yang Tayang September, Cerita Baru hingga Lokasi Syuting

Nagita Slavina Nyetir Mobil Baru, Panik Sampai Salah Hidupkan Sein: Ambil Kiri Belok Kanan

Di sisi lain, program ini juga untuk memastikan arah pembangunan hortikultura agar berjalan sesuai dengan target dan tahapan yang jelas.

Menurut Prihasto, luasan rata-rata kepemilikan lahan pertanian Indonesia saat ini masih sangat minim, yakni hanya mencapai 0,3 hektare per kapita. Skala ini, kata dia, tidak akan mencapai skala ekonomi layak karena jauh dari rata-rata skala yang diharapkan.

"Namun jika setiap 0,3 hektare lahan ini dihimpun dan digabungkan kedalam satu kelompok masyarakat atau model korporasi, maka hasilnya akan menjadi luas dan berdampak pada ekonomi yang signifikan," imbuhnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved