Pria Nigeria & Pacarnya Kompak Tipu Korban dari Malang Rp 37 Juta, Modusnya Kirim Koper Rp 500 Juta

Pria Nigeria & Pacarnya Kompak Tipu Korban dari Malang Rp 37 Juta, Modusnya Kirim Koper Rp 500 Juta.

Pria Nigeria & Pacarnya Kompak Tipu Korban dari Malang Rp 37 Juta, Modusnya Kirim Koper Rp 500 Juta
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Warga negara Nigeria Ekene Ugwuanyi (34) ditahan oleh Unit I Tipidum Satreskrim Polres Malang, Jumat (16/8/2019). Ekene menjadi dalang di balik kasus penipuan yang dilakukannya bersama pacarnya, Rina Liffriani(42) warga Palembang, Sumatera Selatan 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Warga negara Nigeria Ekene Ugwuanyi (34) ditahan oleh Unit I Tipidum Satreskrim Polres Malang, Jumat (16/8/2019).

Ekene menjadi dalang di balik  kasus penipuan yang dilakukannya bersama pacarnya, Rina Liffriani(42)  warga Palembang, Sumatera Selatan.

Sekda Kabupaten Malang Beberkan M Sanusi Tak Kunjung jadi Bupati Defitinif, Masih Antre

Keangkeran Markas Arema FC, Stadion Kanjuruhan Malang Jadi Gudang Penghasil Gol Melimpah

Polisi Gambar Sketsa Wajah Perampok Kantor Dinkes Kota Malang, Petunjuk Saksi Pelaku Berlogat Sunda

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menerangkan, korban dari kasus penipuan berskala internasional ini adalah AM warga Kelurahan Kemantren, Kecamatan Jabung.

Secara kronologis Yade menerangkan, korban pada bulan Juli 2019 berkenalan lewat media sosial Speaky dengan seorang wanita, mengaku dokter ginekologis, asal Lenox, New York, Amerika Serikat. Namanya, Tonya Rawson.

Setelah akrab, Tonya mengirimkan pesan bahwa dia mengirim uang sejumlah 34.600 dollar AS kepada korban, atau kurang lebih senilai Rp 500 juta.

"Korban awalnya menolak. Karena ia langsung dikirim foto koper berisi uang, serta link pengiriman barang berupa koper, yang menunjukkan koper itu sudah terkirim ke Indonesia oleh tersangka, akhirnya korban mulai percaya"

"Lalu ada seorang wanita yang diketahui sebagai tersangka perempuan ini. Ia mengaku agen kurir pengiriman paket dan menghubungi korban,” ungkap Ujung di Polres Malang, Jumat (16/8/2019).

Yade menambahkan, pada tanggal 22 Juli korban  dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai kurir cargo pengiriman barang, yakni Rina Liffriani.

Rina memberi petunjuk bahwa lokasi paket ada di Bali. Kepada korban, Rina menjelaskan paketan itu dikawal oleh Ekene Ugwuanyi yang merupakan utusan dari Tonya Rawson.

Untuk memuluskan paket tersebut, korban lantas dimintai uang Rp 12 juta. Alibinya, sebagai biaya asuransi dan paket.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved