Melalui Electricity Lifestyle, PT PLN Dukung Festival Kopi 2019 yang Digelar di Nusa Dua Bali

Melalui Electricity Lifestyle, PT PLN Dukung Festival Kopi 2019 yang Digelar di Nusa Dua Bali.

Melalui Electricity Lifestyle, PT PLN Dukung Festival Kopi 2019 yang Digelar di Nusa Dua Bali
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Para perserta bimbingan teknis foto bersama di sela acara. Pada Festival Kopi ini Kemenperin bekerjasama dengan lembaga akademi di Tangerang, Prodigy, tiga hari mulai 16-18 Agustus 2019 menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait pengelolaan kopi. 

TRIBUNJATIM.COM - PT PLN Persero mendukung program Festival Kopi 2019 yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada 16- 18 Agustus 2019.

PLN  juga pengisi salah satu pengisi stand, mendukung bertumbuhnya industri kopi di Indonesia, melalui pemberian pelatihan dan penanaman kopi lewat anak perusahaannya Unit Pembangkit Mrica PT Indonesia Power di Desa Pengundungan dan Desa Krinjing, Jawa Tengah.

Pemadaman Listrik Massal, Bambang Haryo Soroti Pendidikan PLT Direktur PLN yang Tak Cocok

Mati Listrik Makan Korban Jiwa, Arif Poyuono Bersuara Lantang: Direksi PLN Harus Kita Penjara Semua!

Pengamat Ekonomi Energi UGM : Langkah PLN Dalam Pemberian Kompensasi Sudah Tepat

Melalui program CSR-nya dapat membawa dua kelompok petani Kopi Senggani dari Kelompok Tani (Poktan) Rising - Desa Pengundungan dan Kopi Krinjing dari Poktan Bumi Asih memberi nilai tambah bagi para anggota Poktan dan juga industri terkaitnya.

Festival bertujuan  bertujuan memperkenalkan dan menggabungkan antara kemampuan seniman lokal setempat, dengan keindahan Bali beserta kuliner, dan tampilan produk kerajinan lokal kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Ketua Penyelenggara Festival Kopi Pambudi Prasetyo mengakui bahwa program ini sejalan dengan tema Electricity Lifestyle, yang mengemuka dalam penyelenggaraan Bali Collection Festival 2019 (BCF 2019).

“Agustus adalah musim puncak kunjungan turisme kedua di Bali setelah Idul Fitri, sehingga kami menyelenggarakan event yang sudah berlangsung selama 5 tahun ini, di mana di dalamnya kami masukkan event Festival Kopi, yang baru diselenggarakan pertama kalinya tahun ini. Kami berharap dapat berlangsung juga sebagai event tetap setiap tahun,” jelas Pambudi.

Industri kopi saat ini termasuk salah satu industri yang sedang “sexy,” luas sekali penggunaannya, sehingga orang dapat memanfaatkan ruangan tersisa di halaman rumahnya saja, yang berukuran 3 X 3 meter2.

Mengingat semua mesin yang dipergunakan di warung kopi modern, lebih luas kafe, saat ini menggunakan listrik, sehingga pasokan listrik sepenuhnya mendukung perkembangan ekonomi kreatif.

Selain itu dalam festival ini ditampilkan pula sejumlah acara, seperti perbincangan dan pengetahuan tentang kopi, serta pameran kopi yang menampilkan potensi kopi dari seluruh Indonesia.

Di sini para pengunjung dan investor dapat saling mingle, ataupun juga berkomunikasi langsung dengan para petani atau pemilik kebun kopi, demo sangrai (roasting) kopi, dan menyaksikan langsung buyer’s cupping.

Halaman
123
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved